03 Februari 2012

Bank Kurang Sehat Tawarkan Suku Bunga Deposito Lebih Tinggi

Tercatat dari sekitar Rp1 triliun dana simpanan masyarakat di 46 bank yang telah dilikuidasi LPS, sebesar Rp445 miliar masuk kategori tidak layak bayar akibat saldo dan datau suku bunga melebihi penjaminan LPS. Bagaimana LPS melihat hal tersebut ?

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai, pemberian suku bunga deposito di atas suku bunga penjaminan (LPS rate) menyebabkan pergeseran dana dari bank yang sehat ke bank yang kurang sehat.

“LPS melihat pemberian suku bunga yang lebih tinggi ini menyebabkan bergulirnya dana dari bank sehat ke bank yang kurang sehat,” tukas Ketua Dewan Komisioner LPS C. Heru Budiargo, di Kantor LPS, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2012.

Menurutnya, biasanya bank yang kurang sehat menawarkan suku bunga deposito yang lebih tinggi. LPS sendiri telah menetapkan LPS rate untuk mengurangi moral hazard di industri perbankan, melalui penetapan suku bunga deposito yang tinggi.

“Bunga yang tinggi ini membuat nasabah yang diuntungkan secara tidak wajar, jadi tidak layak bayar saat bank bermasalah dan dilikuidasi,” tandasnya.

Dari data LPS, tercatat dari sekitar Rp1 triliun dana simpanan masyarakat dari 46 bank yang dilikuidasi sejak 2006, tercatat sebanyak Rp670 miliar layak bayar, dan sebanyak Rp445 miliar masuk kategori tidak layak bayar.

“Dari yang tidak layak bayar, sebesar Rp220 miliar karena saldonya melebihi saldo maksimal yang masuk penjaminan LPS. Sisa Rp225 miliar lagi, sampai 91% penyebab utamanya karena nasabah memeroleh hasil bunga di atas penjaminan LPS,” tutup Heru.

Saat ini, LPS rate ditetapkan sebesar 6,5% untuk bank umum, dan 9,5% untuk Bank Perkreditan Rakyat. Adapun, rekening nasabah yang akan dijamin LPS adalah yang nilainya tidak melampaui Rp2 miliar dan masuk dalam suku bunga penjaminan tersebut



Sumber : Majalah Infobank

2 komentar:

obat lupus mengatakan...

thanks gan,artikelnya bagus

Nusa mengatakan...

deposito di BPR lebih tinggi ya hasilnya. ,akasih infonya.

Poskan Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.