15 September 2010

PETUAH SANG GURU UNTUK BANGUN DAN BANGKIT

Bulan April yang lalu saya mengikuti beberapa seminar Motivasi dan pengembangan kepribadian, sungguh bermanfaat bagi saya. Agus Gunario, Arie Ginanjar dan terakhir Andrie Wongso,tiga seminar dari motivator Top Indonesia, Agus Gunario motivator Bisnis yang masuk dalam top 12 Motivator Bisnis Dunia,, sedangkan Arie Ginandjar kita kenal dengan ESQ,dan terakhir di penghujung Bulan April saya mengikuti Seminar Andrie Wongso dengan tema Masih Ada Hari Esok. Meminjam istilah Andrie Wongso sang motivator no 1 di Indonesia Indahnya berbagi (Share be Happy),saya memosting kata-kata bijak dari mereka bertiga setidaknya bermanfaat bagi saya dan juga kita semua yang membaca. Bacalah artikel berikut ini seperti layaknya Anda seorang Motivator, bayangkan bahwa andalah Agus Gunario, Arie Ginanjar dan Andrie Wongso


1. Aku dilahirkan untuk menjadi PEMENANG.


Keyakinan pertama yang harus aku miliki sebagai anak manusia adalah keyakinan bahwa aku dilahirkan untuk menjadi Pemenang. Aku percaya bahwa tidak mungkin Allah menciptakan aku ke dunia ini, tanpa alasan apapun. Tidak mungkin! Pasti ada alasannya, bukan? (tarik nafas perlahan sebentar)

Nah, jika aku berani lahir, maka aku juga haruslah berani mati (karena aku pasti mati, bukan? He..he..) Lalu, sekarang mati seperti apa yang aku inginkan? (tarik dan tahan nafas yang lama…) Duh, sereeem banget sih pertanyaannya. Iya dong, sekali-sekali serius ah! Baiklah, sekarang pilihan aku sebagai manusia yang hidup, yang masih bernafas, yang masih beredetak jantungnya, hanya tersisa satu pilihan saja, bukan? Yakni aku ingin mati sebagai apa? Ingin dikenang sebagai siapa?

Karena aku yakin bahwa aku dilahirkan untuk menjadi Pemenang, sudah sebaiknya pula aku memilih mati minimal sebagai pemenang. Pemenang seperti apa, itu persoalan lain. Yang penting pilihannya adalah kembali ke Sang Khalik sebagai seorang pemenang. Gak malu-maluin yang “nyiptain”, gitu lho! Orang Sunda bilang: “Tong Ngerakeun”.

Lalu, setelah sadar bahwa aku dilahirkan untuk menjadi Pemenang, berarti aku sekarang harus bangun dari biusnya si tidur. Oke, setelah bangun bukankah diperlukan kekuatan, diperlukan keberanian, diperlukan…? Ya,…


2. Memang diperlukan keberanian untuk melangkah maju ke depan. Namun, bagaimana berani kalau aku tetap diam di tempat?

Betul juga ya. Baiklah aku segera berdiri dan mulai melangkah. Langkah pertama, langkah kedua dan langkah ketiga, tapi oh..oh.. lihat apa yang ada di

depan jalan. Ah, kayaknya agak mendung, agak redup, agak berkelok, agak licin. Ehm, bisa-bisa terpeleset, tergelincir, bahkan terpental saat di

perjalanan? Ya, bisa saja. Namun, aku yakin akan pesan nenekku…


3. Daripada hanya berdiam diri… Melangkah dan mungkin tergelincir adalah pilihan yang jauh lebih baik! Ada banyak pelajaran di sana…

Masak sih? Apakah benar dengan tergelincir aku malahan belajar? Betul, bila aku bisa merasakan sakitnya tergelincir, maka pasti aku akan menghindari

berbuat kesalahan yang sama. Akupun akan mencari ide-ide lain yang lebih baik, lebih tepat guna, lebih kreatif, lebih produktif dan sebagainya.

Kesalahan yang terbesar adalah aku tidak pernah melakukan sesuatu, bahkan mencobanyapun “gak” pernah, malah pikiran aku sering “merancang” imajinasi rasa sakit yang belum tentu terjadi dari sebuah kesalahan atau kekeliruan di masa mendatang. Astaga, ngeri sekali bukan? Karena aku merancang ketakutan, maka seringkali aku hanya berdiam diri. Namun aku sebenarnya percaya bahwa… (baca kalimat berikut ini dengan sangat keras!!!)


4. Orang yang berani bangkit dan belajar dari kegagalan adalah PEMENANG SEJATI!

Huh, lumayan kalimat motivasi ini ya. Cukup kuat dampaknya untuk membangkitkan semangat paling dalam dari diriku. Di dunia ini banyak sekali cerita orang yang pernah mengalami kegagalan dan setelah itu tidak ada lagi ceritanya. Apakah aku mau seperti mereka? Habis terbit, kena awan gelap dan menghilang tanpa bekas? Gone with the wind…

Ah, aku kan bisa punya pilihan lain. Aku ingin jadi pemenang atas diriku sendiri. Cerita kehidupan yang hanya bisa dibagikan adalah cerita

kebangkitan, bukan cerita kegagalan. Wah, jika aku tidak pernah bangkit, maka habislah pula cerita hidupku. Percuma dong aku dilahirkan. Baik,

baiklah dan baiklah! Sekarang aku tanamkan dalam benak aku bahwa aku HARUS bangkit, kapanpun saat aku mengalami apa yang disebut orang lain adalah kegagalan. Karena aku yakin dan percaya bahwa…


5. Apa pun SAYA BISA jika saya mau!

Kuncinya adalah kemauan, bukan kemampuan. Orang yang memiliki kemampuan, jika tidak ada kemauan, bagaikan mayat hidup yang tidak tahu mau kemana. Gak bedanya dengan hidup luntang lantung, gak ada tenaga, gak ada semangat, gak ada spirit, gak nafsu deh hidup kayak gitu. Hidup ini adalah pilihan, kok. Aku bisa memilih sedih (hening 3 detik) , aku bisa memilih senang (hening 2 detik). Aku bisa memilih marah (hening 1 detik) dan aku bisa memilih tenaaang. Nah, jika…


6. Hidup ini adalah pilihan. Aku memilih menjadi orang yang bahagia ….


Aku tahu memang sebuah pilihan yang tidaklah mudah, namun aku harus mulai belajar berani memilih dan memutuskan kemana arah hidupku. Apa pilihan

hidupku? Akulah yang harus menentukan arah jalan hidupku. Akulah yang menentukan titiknya… Besar titiknya… Warna titiknya… Bunyi titiknya… Rasa titiknya… Sinar titiknya… Sinar biasa atau sinar sebuah BERLIAN? Kecil bentuknya (tahan nafas sebentar, lalu katakan dengan keyakinan kuat), namun silau sinarnya. Kekuatan silau sinar berlianlah yang membuat aku tidak mungkin kehilangan arah. Walau disekitarku kadang mendung, kadang redup, kadang gelap. Karena…


7. Semakin aku fokus pada impianku. Semakin cepat aku mencapai impianku.

Fokus menghasilkan energi yang besar, bahkan semakin lama semakin dahsyat. Fokus membuatku bersemangat, berenergi, berkeringat, tetap panas karena membantu aku untuk selalu bergerak. Bergerak melangkah, bergerak lari, bergerak ke arah silau sinar berlian yang memimpinku. Karena fokus, maka apapun situasi disekitarku, tidak akan membuatku terganggu. Jalan yang berkelokpun, kujalani…. Jalan macetpun, kunikmati… Jalan berbatupun, kelewati… Jalan terhalangpun, kulampaui… Karena arah fokusku jelas, arah menuju sinar berlian, sinar tujuan hidupku… Silau namun indah. Maka, aku tidak akan pernah menunggu situasi. Dan sebaiknya…


8. Berhentilah menunggu kondisi membaik. LAKUKAN SESUATU agar kondisi membaik.


Itulah motto hidupku. Banyak hal diluar jangkauan kemampuanku, keadaan alam semesta, keadaan negara, keadaan masyarakat dimana aku berada. Buat apa aku fokus pada sesuatu diluar kendaliku. Lebih baik aku fokus pada sesuatu yang bisa aku kendalikan, bukan? Sesuatu yang bisa aku jangkau, sesuatu yang bisa aku buat lebih baik. Jadi aku pikir, sebaiknya aku fokus saja pada karya. Ya, berkarya, berkarya dan berkarya…

Sekarang setelah aku sadar, aku bangun, aku bangkit dan aku berkarya, aku fokus pada karyaku, maka selanjutnya…


9. Aku bekerja dengan sungguh-sungguh. Aku berdoa dengan sungguh-sungguh.


Selanjutnya, biarlah Tuhan yang menentukan. (Florence Griffit Joyner)

(Sekarang katakan dalam hati dengan rasa keyakinan yang kuat) BENDERA SUDAH DIKIBARKAN.

(lebih perkuat lagi rasa keyakinan Anda) MAKA KIBARKANLAH SETINGGI MUNGKIN.

(tingkatkan rasa keyakinan Anda sekuat-kuatnya) KIBARKANLAH BENDERA KEMENANGAN KEPADA KEHIDUPAN.

KEHIDUPAN YANG BERHIKMAH.


.





57 komentar:

Blok c No.3 mengatakan...

wuahhh...motivasi hidup yang bagus...
keren sob...

J O N K mengatakan...

wah saya suka nih bang. lebih baik bergerak walau tergelincir, daripada diam. wadoh sef banget dah ...

Penyamun Bertuah mengatakan...

klo gw tetap dengan selogan "sehari demi sehari dalam setiap cara saya menjadi lebih sukses"

Kurniadi Bulhani mengatakan...

wah laris ya ini blog,,,, http://www.tdwuniversity.com/launch/?id=32990

EmO987 mengatakan...

"masa lalu adalah masa depan"

ayo siapa yg bisa maknai dari kalimat diatas....

Able mengatakan...

nice banget.....

keboaja mengatakan...

Yuos, pertama harus yakin dulu...

Newsoul mengatakan...

Siiip eri. Memang kita harus sering2 mencharge otak dan jiwa kita. Banyak cara, ikut seminar, baca buku, bahkan dari sekedar merenung malam atau merenung shubuh, hehe. Good posting sobat.

Hendrawan mengatakan...

Catat, bawa pulang.., he..3x

yanuar catur rastafara mengatakan...

semua tips di atas sungguhlah menarik
dan yang paling penting menurut saya adalah
keberanian untuk menjadi pemenang
hehehehehe

Ivan@mobii mengatakan...

Yapp,lbh baik mencoba dulu g prlu takut gagal. Manfaat bgt ni bang. Jd semangat nieh !!! Sipp markusip dah..

semar mengatakan...

mantav... semua point bikin kita tertantang.. terutama nomo 5 dan nomor 9... keep share sob...

OQ mengatakan...

maju terus bung eri...

Anonim mengatakan...

Luar biasa

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

muantav bro,.... aku jadi termotivasi dari postingan ini. Esok adalah misteri, kemarin adalah masa lalu, dan hari ini adalah karunia. Maka kita harus nikmati karunia yang diberikan olehNya.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Gimana hasil kumpul barengnya tadi siang???

bunga mengatakan...

dengan langkah yang tergontai ku tetap menelusuri lorong penuh cahaya
seribu harapan dan asa menyelimuti kegundahanku

bunga mengatakan...

dengan langkah yang tergontai ku tetap menelusuri lorong penuh cahaya
seribu harapan dan asa menyelimuti kegundahanku

djhins mengatakan...

bagus petuahnya..! bikin semangat.! aku kasih 4 jempol

Redhot mengatakan...

Wow mantap

kang-dwi mengatakan...

telat commentnya.

belajar dari filosofi naik sepeda, jatuh bukan bearti gagal

My Blog mengatakan...

nich link nya bg eri :
http://laksamana-embun.blogspot.com
http://the-pay-back.blogspot.com
http://okche.blogspot.com
http://hallo-love.blogspot.com
http://lonely-astaga.blogspot.com
http://ikhsanul-hyde.blogspot.com
http://tentara-allah.blogspot.com
http://www.gh49.co.cc
http://shasa-91.blogspot.com
http://magenta-sport.blogspot.com
http://alfi-fadlan.blogspot.com

JengSri mengatakan...

ini baru tulisan motivasi yang bikin semangat. mantab lah bang eri. btw, saya baru nyadar kalo blm follow bang eri,hehehhe

tak follow ya, kemana ajah bang eri pergi,xixixix

attayaya mengatakan...

aku tau, aku datang, aku menang
cieee...
bangkitlah INDONESIA

IjoPunkJUtee mengatakan...

Yeah...,
Aku bisa malakukan apapun jika aku mau...>!!

* Makasih tuk motivasinya bang Eri....

erik45914 mengatakan...

Nasehat yang sangat bagus, membangkitkan semangat

Pondokku

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

postingan yg memotivasi saya nih.

[new]eppie-cool mengatakan...

sangat memotivasi hab..

abi TetShu mengatakan...

ciiiiiiiii


maju trus pak guru...tanpa mu negeri ni tak bisa apa2....


pak guru ajarin abi ya ngejomla...hakzzzzsip kan pak....

Gossip mengatakan...

Betul sekali..gimana mau jadi pemenang kalo kita ga mau maju..semangat adalah kuncinya..apapun yg terjadi semangat!

Pixel mengatakan...

Nice advice, very useful. Tnaks dah berkunjung. Keep posting.

reni mengatakan...

Wow..., rajin ikut seminar ternyata. Makasih banget udah sharing ilmunya.. Pasti bermanfaat bagi orang lain, khususnya yg tidak berkesempatan mengikuti seminar spt itu. Semoga terus berkarya dan berbagi ya, bang....!! Semangat !!

Laisya mengatakan...

kenapa ya kalo saya ikutan pelatihan motivasi cuma semangat di awal, setelah itu kok yaa biasa aja, lupa lagi ...
gimana cara menyiasati-nya nih biar selalu dalam kondisi semangat terus??

Aya mengatakan...

wah, keeereeen euy.. bermanfaat buat anak2 didik saya disekolah...
sangkyu dah berbagi ya ri.. ^_^

anak nelayan mengatakan...

manteb manteb sob motivasinya

anak nelayan mengatakan...

manteb manteb sob motivasinya

Maryo Sanjaya Adi Putra mengatakan...

Aku mengidolakan Mario teguh..
sepakat sama apa yg abang bahas...aku lebih memilih mati dulu dan sesudah itu aku harus bangkit..dalam konotasi yang berbeda. sesuai motto hidupku Life After Death...

gdpermana mengatakan...

bener banget tuh mas...

kudu dan wajib...

athletes mengatakan...

its all about suggestion and supported in a life..

buwel mengatakan...

top deh

mutiara mengatakan...

yang jelas, setiap manusia lahir membawa rejekinya masing-masing :)

eppie-cool mengatakan...

sangat memotivasi ri..

kun mengatakan...

keren sob

ajeng mengatakan...

Seep.. Bukan hanya tubuh yg perlu tefreshing, tapi otak juga butuh dicharge juga agar selalu fresh. Dan membaca postingan ini juga merupakan salah satu cara mencharge..

MyGreenTea mengatakan...

Good advice..memang kita gak prnh bs tau kalo kita gak mencoba..camkan itu..

Fanda mengatakan...

Makasih sdh share ilmunya dari seminar. Memang yg paling sulit adlh untuk memulai langkah pertama. Pdhal a giant leap is started from a small step...
Btw, klo Andrie Wongso motivator no.1, Tung Desem Waringin motivator no. brp ya?

Dody Eka Putra mengatakan...

Berkunjung lagi.....selalu motivasi diri untuk maju, gali potensi dan percaya diri.....

trimatra mengatakan...

hhmm, usai baca ini aku jadi semangat ...apalagi yg usai ikutan seminar pasti brasa banget semangatnya. brasa ringan saat melangkahkan kaki.

Tips Cepat Terindeks di Google mengatakan...

nice one nih.. kalo lagi patah semangat, perlu dukungan moril, tinggal buka blog ini aja.. :D

nietha mengatakan...

ada kehangatan dan semnagat tiap habis baca blognya mas eri nih...

gardino mengatakan...

Salut buat bang eri...semoga kita mampu menghadapi masalah di dunia ini

kunjungin blog saya juga dong

mendemparfuman.blogspot.com

jg lupa kasi comment juga..maksih

angga hendra mengatakan...

wah bagus nih..jd termotivasi..apalagi, cocok kyk gw yg sering kurang semangat..thx..
-----
Belajar SEO : Pentingkah ?

jaya mengatakan...

keren kawan, terimakasih ya atas tulisannya ini, minta ijin ngopi tulisannya ya, buat bacaan sehari2. terimakasih

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

Motivasinya keren bgt euy..makasih atas motivasi yang mencerahkan.

zonda mengatakan...

motivasi diri yang jelas dan menantang
tapi kayaknya sulit melakukannya ya...
hhhihihihi

witul4r mengatakan...

motivator yang penting untuk kita semua dengan menantang diri kita untuk menjadi lebih baikdan lebih baik lagi
thanks nice info

Travel Jakarta Bandung mengatakan...

tulisan motivasi yg bagus

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.