14 Februari 2009

Blackberry Service


Belakangan ini blackberry sedang ramai dibicarakan di indonesia terutama kalangan anak muda dan profesional muda yang memang hidup nya cukup banyak berhubungan dengan gadgets dan internet. Sebenarnya apa sih blackberry itu ? Menurut apa yang saya dengar dan baca blackberry adalah sebuah service dari RIM (research in motion) yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi bagi para pebisnis, yang pada awalnya komunikasi yang disupport oleh blackberry adalah instant email atau biasa disebut push email. Push email adalah technologi yang dikembangkan oleh RIM untuk mempercepat akses email seperti layaknya SMS dari handphone jadi email yang dikirim akan diterima secara instant apabila kita menggunakan blackberry service. Saat ini blackberry service juga sudah berkembang sehingga untuk sekarang ini blackberry sudah mendukung layanan IM (instant messaging) terbaru seperti Live Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, AIM, ICQ dan BBM (blackberry messenger) facebook dll. Nah karena mendukung layanan online 24 jam inilah menurut saya blackberry digemari oleh anak muda yang memang sudah terbiasa berhubungan secara online melalui akses internet.

Saya sendiri baru satu bulan terakhir menggunakan layanan blackberry yang benar-benar blackberrt dulunya hanya menggunakan blackberry connect via communicator kesayanganku E90, pada awalnya saya tertarik menggunakan blackberry service karena kebutuhan komunikasi dengan kantor dan juga melihat beberapa pegawai ditempat bekerjaku yang menggunakan layanan blackberry,kebetulan tempat bekerjaku sudah ada MOU dengan salah satu operator. Akhirnya saya mencoba menggunakan blackberry service dengan handset BB Curve. Ternyata setelah digunakan blackberry service ini secara nyata membantu saya dalam berkomunikasi karena akses internet 24 jam nya dan juga push email. Secara biaya pun cukup murah dibandingkan dengan akses internet di rumah ataupun kantor apalagi telpon. Layanan blackberry saat ini di indonesia disediakan oleh 3 provider Indosat, XL dan Telkomsel dengan tarif yang cukup kompetitif antara 150ribu hingga 180ribu per bulannya tergantung operator yang digunakan. Harga handset blackberry yang dijual di indonsia pun cukup beragam, saat ini handset blackberry dapat dibeli hanya dengan 1.8juta hingga 9jutaan rupiah tergantung dengan jenis handset yang ingin kita gunakan.

Rekomendasi saya: apabila anda sangat suka berhubungan dengan dunia internet maka adalah tepat membeli handset blackberry dan menggunakan servicenya, dengan blackberry kita juga dapat membuka web / chat / email dimana pun dan kapanpun selama kita masih dapat menerima signal operator secara baik. Untuk internet dirumah paling tidak kita mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah untuk akses terbatas, dengan blackberry kita cukup membayar blackberry service 150-180ribu per bulan dan mendapatkan akses internet tanpa batas. Bagi saya harga yang ditawarkan tersebut cukup murah jika kita bandingkan dengan kemudahan dan layanan yang kita dapatkan. Dilain sisi buat mereka yang suka meng-install aplikasi / game di handset mereka maka di blackberry tidak ada banyak pilihan aplikasi. Blackberry bukanlah suatu handset terbaru dan penuh gaya melainkan service yang memudahkan kita untuk berkomunikasi. Jika anda jarang terhubung dengan internet dan lebih memerlukan handset dengan banyak pilihan games ataupun aplikasi maka blackberry bukanlah untuk anda.[e-c]

2 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.