14 Februari 2009

KEUNGGULAN BLACKBERRY


Pada era modern ini, kecepatan dan ketepatan dalam pemberian informasi sangat dibutuhkan terutama layanan push email. Research In Motion (RIM) melihat kesempatan ini dengan meluncurkan layanan push email Blackberry pada tahun 1999. Yang mencengangkan adalah pertumbuhan layanan ini dari tahun 2004 sampai saat ini dimana dari hanya sekitar 2 juta pelanggan diseluruh dunia menjadi 17 juta pada tahun ini.

RIM dalam menyediakan layanan Push email ini menggunakan bantuan network operator. Jadi harus berlangganan di network operator tertentu untuk berlangganan layanan Blackberry ini. Saat ini di Indonesia ada dua operator besar, Indosat, XL, yang menyediakan layanan Blackberry untuk paket personal dan paket corporate (Telkomsel hanya menyediakan layanan Blackberry corporate). Apakah Perbedaan dari dual paket layanan tersebut? Paket Blackberry personal adalah paket yang layanannya dijual kepada pelanggan personal dimana paket ini dinamakan BIS (Blackberry Internet Service) dimana perngguna personal dapat mendaftarkan email pribadinya ke server BIS untuk dapat di-push ke handset mereka jika ada email terbaru pengguna; sedangkan BES (Blackberry Enterprise Service) adalah paket dimana pengguna corporate diharuskan menginstall application server didekat email servernya (Email server yang digunakan harus lah Microsoft Exchange, LotusNote, Domino).

Apakah perbedaan yang mencolok dari BIS dan BES ini? user BIS hanya bisa untuk push email, akan tetapi user BES bukan hanya push email tetapi dapat juga men-synchronkan PIM data yang ada di handset dengan email server yang mempunyai koneksi langsung dengan BES server; begitu juga dengan internet dan intranet web page dapat diakses melalui handset Blackberry (hanya handset Blackberry saja yang dapat menikmati feature ini, handset BBC tidak bisa menikmati feature ini)
Harga? tergantung network operator yang menyediakan layanan ini kepada pelanggannya korporatnya. Untuk Indonesia, paket personal dapat menghubungi Indosat dan XL; kemudian untuk paket corporate dapat menghubungi XL, Indosat, dan Telkomsel.

Pertumbuhan Blackberry dinilai yang sangat cepat ini tidak didukung saja pada sisi aplikasi layanan ini akan tetapi dengan dikeluarkannya handset Blackberry oleh RIM yang sasarannya middle high (Business seperti tipe 8100,8300,dan 8800) yang mempunyai kemampuan Multimedia, 8820, 8310 dan 8320 juga ada 8120 atau 8130. Masing-masing tipe mempunyai kelebihan masing-masing; ambil contoh tipe 8310 dan 8320, dimana tipe-tipe tersebut adalah tipe turunan dari 8300 (terdapat kamera) dimana 8310 ditambahkan feature GPS dan 8320 ditambahkan feature Wifi.

RIM tidak mempunyai strategy pengembangan layanannya sampai disini saja, mereka membuka koneksi yang dinamakan Blackberry Connect untuk menghubungkan handset-handset yang sangat "digandrungi" di pasaran (seperti Nokia, Sony Ericsson, dll) untuk menikmati layanan push email dari blackberry ini. "konektor" layanan Blackberry yang berupa aplikasi ini diinstall pada handset-handset tersebut. Akan tetapi terdapat kelemahan-kelemahan yang menurut saya lumayan cukup banyak kelamahannya seperti:

* Tidak bisa browsing menggunakan APN Blackberry
* Tidak adanya tunelling VPN dengan network kantor bagi pengguna BES
* Tidak adanya kerjasama dengan pihak ketiga untuk menyediakan chatting service seperti Yahoo Messenger dan Google Talk
* Tidak bisanya menerima Blackberry Messenger dari pengguna Blackberry lainnya (hal ini sedikit dikoreksi pada aplikasi Blackberry Connect version 4.0)

Mengapa pertumbuhan blackberry ini sangat significant (terutama di Indonesia yang saat ini sedang booming layanan push email blackberry)? ada beberapa keunggulan layanan blackberry ini dibandingkan layanan push email lainnya (Nokia Intellisync, Ventus, dll); keunggulan-keunggulan teknologi push email Blackberry sbb:

* Pengiriman email dan WEB Browsing dengan kompresi yang dilakukan dua kali (content dan komunikasi) sehingga kita bisa mendapatkan push email real time/WEB lebih cepat dan menghemat bandwidth GPRS/EDGE
* Integrasi dengan Instant Messaging service seperti yahoo messenger dan Gmail Talk
* Membuka attachment email yang lebih cepat (pengalaman pribadi :) ) dimana akses cepat ini ada hubungannya dengan kompresi yang sangat sempurna dari RIM
* Security handset yang sangat apik dan terjamin dari level handset (handset Blackberry) sampai dengan layanannya (terkadang jika lupa password untuk untuk unlock handset, handset akan terformat secara otomatis)

Yang bisa dipastikan, layanan Blackberry ini ada untuk memudahkan kita bekerja; terutama pekerjaan kirim-mengirim email bisnis atau penting yang harus dilakukan pada saat itu kita tidak berada di depan PC atau Laptop.

Layanan Blackberry ini tidak terbatas untuk kalangan bisnis dan professional, bahkan ada kalangan pelajar atau mahasiswa sudah menggunakan layanan Blackberry. Mengapa layanan ini sudah bisa sampai kalangan remaja di Indonesia? Menurutku, layanan ini menyasar segment pasar yang sangat tepat di market Indonesia, yaitu MESSAGING.
Alasan utama para remaja sudah mulai menggunakan Blackberry adalah kemudahan penggunaan layanan instant messaging yang terintegrated pada handset Blackberry untuk keperluan komunikasi dengan teman-teman, keluarganya dengan biaya bulanan :-) (handset selain handset Blackberry yang menggunakan BBC/"konektor" saat ini masih belum terintegrasi dengan Instant Messaging yang disebutkan diatas). Jika kita melihat market di Indonesia yang masih senang dengan SMS sebagai alat komunikasi murah, maka kehadiran layanan Blackberry ini tidak lama lagi bisa menyaingi layanan SMS; kapan itu? mari kita lihat saja... :-)

Bagaimana tanggapan anda mengenai layanan ini? apakah anda akan mengikuti tren komunikasi melalui email dan instant messaging ini?
Hanya anda sendiri yang bisa menjawabnya :D. Saya yakin, jika semakin banyaknya tipe handset Blackberry dan sudah terintegrasinya Instant Messaging kedalam layanan Blackberry dengan handset non-Blackberry, maka layanan ini bisa saja menyaingi layanan messaging conventional yaitu SMS...[e-c]

dikutip: www.my-blackberry.blogspot.com

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Secepatnya bbm akan menggeser sms...lihat saja nanti..hheheh

Anonim mengatakan...

bagaimana pun bb sudah sangat meracuni berbagaikalangan..
kemudahan yang disediakan sangat membantu untuk selalu "online".
walaupun ada bbrp pengguna yang memakai untuk lifestyle sj tanpa menggunakan secara maksimal kemampuannya

Festival Museum Nusantara mengatakan...

mampir sob

Piala Dunia 2010 mengatakan...

begotu ya bro

Rahasia Search Engine mengatakan...

Salam kenal bos

Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia mengatakan...

salam kenal bos

mohon dukungan di Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia

obat insomnia tradisional mengatakan...

mantap ni gan infonya,,

obat penyakit ambeien mengatakan...

tetep aja yang namanya BB harus di kasi pulsa bulanan

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

tapi kenapa sekarang banyak bgt bb palsu beredar

Obat jelly gamat luxor mengatakan...

Mampir mas... BB bagi saya sangat bermanfaat untuk bisnis.

Obat penyakit darah tinggi mengatakan...

Kunjungan pertama sob... nyimak aja :) sangat bermanfaat

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.