17 Oktober 2010

EKONOMI INDONESIA AKAN KUAT

Indonesia kemungkinan akan mengalami percepatan ekspansi ekonomi-dengan pertumbuhan 6 persen, diprediksi untuk 2010 dan 2011, tetapi IMF juga telah memperingatkan tentang ancaman tekanan inflasi. Dalam pemeriksaan kesehatan tahunan, ekonomi Indonesia terbesar di Asia Tenggara, ekonom IMF mengatakan Indonesia telah muncul kuat dari krisis keuangan global akibat konsumsi domestik dan investasi, dan ekspor yang lebih besar.

Tahun lalu Indonesia merupakan negara dalam Kelompok Negara 20 ekonomi kebawah, Kini Indonesia tidak lagi berada di posisi tersebut hal ini merupakan refleksi dari manajemen ekonomi yang terus membaik dalam beberapa tahun terakhir, serta respon kebijakan yang tepat selama krisis. Namun pemulihan ekonomi lanjutan telah menempatkan tekanan terhadap harga.

Bank sentral perlu mengambil pendekatan proaktif untuk menjaga inflasi di cek. Menjaga inflasi yang rendah akan membantu biaya pinjaman yang lebih rendah sehingga dapat mendukung pertumbuhan. Target Inflasi untuk 2011 kisaran 4-6 persen dan bisa bergerak lebih tinggi. Sejak krisis, bank sentral telah mempertahankan suku bunga rendah, tetapi dalam laporan mereka para ekonom IMF mengatakan sekarang yang dibutuhkan untuk memenuhi ekspektasi bahwa inflasi akan disimpan dalam kisaran target.

Pertumbuhan yang cepat dapat menarik dana asing. kinerja dan stabilitas ekonomi yang bagus di Indonesia telah menarik investor asing yang terus mengalir ke pasar lokal. Namun Indonesia tetap rentan terhadap perubahan sentimen investor. Selama krisis utang Eropa awal tahun ini, sejumlah besar dana asing pergi meninggalkan Indonesia, tetapi pihak berwenang merespon dengan cepat dan membiarkan nilai tukar untuk menyesuaikan dengan keadaan sehingga Rupiah menguat,mereka juga mengumumkan peraturan untuk mengurangi arus keluar cepat di masa mendatang. Ekonom IMF meminta bank sentral untuk memperkuat neraca dalam koordinasi dengan pemerintah sehingga akan memiliki lebih banyak ruang untuk manuver dalam hal volatilitas masa depan.

Meningkatkan kekuatan sektor keuangan. IMF mengidentifikasi reformasi sektor keuangan untuk mengurangi risiko di masa mendatang. Sektor ini (keuangan) terbukti tahan selama krisis global, dan sistem perbankan saat ini keuntungan dari buffer modal yang besar dan profitabilitas yang tinggi. Namun, IMF menyarankan agar Indonesia bisa memperbaiki kerangka peraturan untuk memastikan pemantauan yang efektif dari bank-bank penting dan konglomerat keuangan. "Mengatasi kelemahan dalam tata hukum dan kerangka kelembagaan, dan perlindungan bagi pengawas diperlukan untuk meningkatkan stabilitas keuangan,"para ahli ekonomi dinyatakan dalam laporan mereka. Mereka menambahkan bahwa adopsi pemerintah undang-undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan, yang akan memperjelas tanggung jawab berbagai badan hukum, adalah penting untuk mencapai stabilitas keuangan yang lebih besar. Para ekonom juga menyarankan cara untuk membuat pasar modal lebih dalam, misalnya, dengan terbuka pencatatan saham perusahaan milik negara, mengembangkan pasar modal bisa membantu arus masuk saluran yang lebih baik investor asing ke menggunakan produktif dalam perekonomian,"

Ekonom IMF menyarankan melakukan beberapa hal untuk mendorong Pertumbuhan ekonomi Indonesia, yaitu :

  1. Memperkuat kredibilitas kebijakan moneter. Komunikasi yang efektif Lanjutan dari sikap moneter proaktif akan sinyal komitmen untuk inflasi yang lebih rendah dan mengurangi volatilitas inflasi ke tingkat yang sebanding dengan perdagangan mitra's Indonesia.
  2. Meningkatkan kerangka peraturan keuangan. Strengthening supervision and governance structures in financial institutions are essential to enhanced stability. Memperkuat pengawasan dan tata struktur di lembaga keuangan sangat penting untuk meningkatkan stabilitas. Stronger enforcement of creditor rights and developing a deeper capital market would help improve financial intermediation and promote long-term investment. kuat penegakan hak-hak kreditur dan mengembangkan pasar modal lebih dalam akan membantu meningkatkan intermediasi keuangan dan mempromosikan investasi jangka panjang.
  3. Memobilisasi belanja pemerintah untuk mendukung investasi yang produktif. Sedangkan belanja pemerintah konservatif telah menempatkan Indonesia dalam posisi yang baik dalam hal utang publik, pemerintah perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki negara infrastruktur (jalan, kereta api, pembangkit listrik) untuk mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. Saat ini sebagian besar anggaran tahunan pergi ke subsidi energi, yang secara politis populer tapi tidak tepat sasaran pada masyarakat miskin. Sebuah kebijakan yang lebih baik akan meningkatkan pelayanan sosial dan transfer langsung kepada orang miskin, sedangkan kebutuhan investasi dalam infrastruktur negara itu

4 komentar:

Sepatu mengatakan...

salam kenal ,
iiah kita berdoa ajjah supaya ekonomi indonesia meningkat .

ppob mengatakan...

semoga saja ini akan menjadi realita perekonomian indonesia..

Sarang Semut papua mengatakan...

Maju Indonesia!!! Merdeka!!!

obat herbal stroke mengatakan...

ya semoga cita cita indonesia memperkuat perekonomian bisa sampai ke kalangan menengah ke bawah.

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.