19 Januari 2013

Manfaatkan BBM untuk Bisnis Online Shop

Bisnis Online saat ini sedang menjamur, Bisnis ini cukup praktis dan mudah hanya memanfatkan jaringan internet, dengan akses internet orang bisa melakukan transaksi bisnis tanpa batas. Namun belakangan bisnis online malah menjadi momok yang menakutkan, karena maraknya penipuan yang berkedok bisnis online. Begitu banyak akun facebook toko online palsu maupun Blog/website palsu yang menawarkan produk dan jasa. Walaupun marak aksi penipuan, tetapi bisnis online masih tetap menarik dan menggiurkan,karena praktis, tanpa menyita banyak waktu dan tempat.

Kini dengan Smartphone seperti Blackberry yang memiliki fitur chatting BlackBerry Messenger (BBM), seseorang sudah bisa membuka bisnis online ataupun melakukan transaksi online dengan memaksimalkan fitur chatting Blackberry via BBM. Dengan kemudahan yang didapat,banyak pengguna  BB yang mengandalkan piranti cerdas ini untuk usaha,karena mereka melihat melihat memulai usaha ataupun berjualan kini tidak mesti memiliki toko.

Salah satu anak muda Pekanbaru yang kami jumpai, Muhammad Rizki mahasiswa Universitas Riau yang biasa disapa Kiki, menurut Kiki ia memulai usaha bisnis online photography melalui PIN BBM, ia rajin mengupdate gambar-gambar terbaru hasil jepretannya yang ia jadikan photo profil BBMnya dan ia juga membuat sebuah Grup di BBM dengan nama brand usaha photographynya, ia membuat sebuah Grup Onehope Photography di BBM kemudian ia mengundang teman-teman di BBMnya untk bergabung digrup tersebut dan Kiki mempublikasikan portofolio dan photo-photonya di grup tersebut dan kemudian terjadi interaksi digrup.


Untuk memulai bisnis online shop via BBM tidalah sulit, hanya menggunakan sebuah Piranti pintar Blackberry dan produk/jasa yang dijual serta kejujuran kita dalam menjalankan online shop. Muhammad Rizki pemilik usaha Onehope Photography memaparkan sebagai berikut langkah-langkah Bisnis Online Shop melalui BlackBerry Messenger. 

  1. Gunakan PIN BB sebagai Customer Support Online, jika perlu kita beli atau request PIN yang cantik yang gampang diingat customer.
  2. Karena BBM terbatas, share PIN kepada orang-orang yang serius terhadap Bisnis Online, atau jika perlu brodcast message ke semua PIN yang ada di list contact kita mengenai deskripsi usaha, alamat usaha, dan juga produk serta PIN online shop kita.
  3. Upload portofolio Produk dan Jasa kita, sebaiknya upload photo produk/jasa yang berbeda dnengan bisnis online shop lainnya.
  4. Rutin mengganti Display Picture / Photo profil BBM kita dengan produk/jasa bisnis online shop kita, serta rutin mengganti status BBM kita dengan produk/jasa yang kita jual.
  5. Pilih provider/operator yang terbaik yang memberikan layanan paket Blackberry, ini penting untuk going concern Bisnis Online kita. Ini menjadi enting jika kita akan deal transaksi dengan calon customer,namun pesan kita menjadi pending atau tertunda, sehingga Calon Customer menjadi kesal dan marah dengan kita.
  6. Jika kita mengandalkan penjualan melalui Group BBM tentunya mempunyai keterbatasan,karena Group hanya mampu menampung 30 member, solusinya Buatah banyak group bisnis Online Shop Anda, jika perlu kita memiliki Blackberry lebih dari satu.
  7. Karena keterbatasan member yang ada pada Group, maka promosikanlah usaha anda pada teman BBM diluar group, atau meminta promosikan kepada teman dan keluarga anda.
  8. Hal yang tepenting adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan, dan kejujuran kita menjadi yang utama, jika kita jujur kita akan mendapatkan nilai positif dan promosi gratis dari Customer kita Customer akan mereferensikan kepada yang lainnya, dan ini sudah kami alami.

    Selamat mencoba peruntungan Bisnis Online Shop melalui BlackBerry Messenger. Semoga Beruntung.

    2 komentar:

    ini rizalarable mengatakan...

    Mau coba ahhh...... jualan punya orang lain aja

    Oci YM mengatakan...

    Bermanfaat sekali, tengkiyu... ^_^

    Poskan Komentar

    Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.