21 Februari 2011

Moody's Menaikkan Peringkat Utang Indonesia menjadi Ba1

Pada tanggal 17 Januari 2011 lalu  Moody's Investors Service menaikkan Sovereign Credit Ratingnotch sebelum memasuki posisi rating investmet grade. Republik Indonesia menjadi Ba1/stable outlook, satu Rating upgrade yang juga merupakan peningkatan peringkat dari surat utang pemerintah dalam mata uang asing maupun domestik ini, dilakukan menyusul keputusan Moody's Desember lalu yang menempatkan Indonesia pada posisi 'review for possible upgrade'

Dalam siaran persnya pagi ini, Moody's menyatakan bahwa faktor kunci yang mendukung keputusan upgrade bagi sovereign credit rating Indonesia adalah (1) resiliensi perekonomian yang didukung oleh oleh berlanjutnya kondisi makroekonomi yang seimbang, (2) membaiknya posisi utang Pemerintah serta kecukupan cadangan devisa, dan (3) peningkatan prospek peningkatan arus masuk investasi langsung asing (FDI) yang akan memperkuat posisi eksternal sekaligus prospek perekonomian Indonesia. 

Perbaikan lebih lanjut pada ketiga faktor tersebut, menurut Aninda Mitra, Vice President Moody’s sekaligus analis utama untuk sovereign credit rating Indonesia, akan menjadi penentu bagi peningkatan rating selanjutnya. 

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hartadi A. Sarwono mengatakan bahwa upgrade sudah selayaknya bagi Indonesia yang hingga saat ini terbukti berhasil dan mampu menjaga stabilitas ekonomi makro sekaligus tingkat pertumbuhan ekonominya di level yang relatif tinggi di tengah berbagai tantangan perekonomian global maupun domestik. Upgrade ini juga semakin memperkuat keyakinan bahwa investment grade status sudah di depan mata. Selanjutnya, dukungan yang ditunjukkan oleh grafik pertumbuhan yang terus menguat dengan kontribusi investasi yang meningkat secara signifikan disertai menguatnya fundamental ekonomi, di samping menguatnya reformasi struktural untuk mendukung pertumbuhan lebih lanjut, diharapkan mampu memberikan momentum positif bagi tercapainya kategori sovereign rating investment grade dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

1 komentar:

kemasan botol plastik hdpe mengatakan...

wah samapi segitunya kah masalah nya

Poskan Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.