22 April 2011

Tips Memilih Asuransi Syariah

Produk asuransi syariah mulai dilirik oleh masyarakat. Transparansi, dan berbagai kelebihan didalamnya membuat produk ausransi syariah semakin mendapat tempat dan menjadikan satu alternatif pilihan yang menarik bagi masyarakat.

Semakin banyaknya produk syariah tentunya juga semakin membutuhkan kejelian masyarakat untuk memilih. Berikut adalah beberapa tips dan trik memilih asuransi syariah.

1. Cari tahu dulu pengalaman perusahaan dalam menjalankan bisnis asuransi syariah. Mislanya, sudah berapa lama perusahaan tersebut menjalankan bisnis asuransi syariah.

Semakin lama perusahaan tersebut menjalankan bisnis asurani syariah, bisa mempermudah kita mengetahui kondisi perusahaan dan seberapa besar pula komitmenya. Setelah itu, cari tahu bagaimana track record perusahaan dalam melakukan pembayaran klaim. Apakah perusahaan tersebut pernah bermasalah dalma pembayara klaim atau tidak. Pastikan pula bahwa perusahaan asuransi tersebut telah memiliki izin dari pemerintah dan diawasi oleh dewan asuransi syariah.

2. Pelajari kejelasan akad atau perjanjian asuransi. Dalam asuransi, isi perjanjian memegang peranan penting karena menyangkut status premi yag kita bayarkan.

Bila akad yang digunakan adalah akad asuransi syariah, biasnaya tidak ada istilah “dana hangus” untuk asuransi jiwa, sehingga saat nasabah karena alasan tertentu tidak memperpanjang preminya dan ingin mencairkannya ditahun kedua, seharusnya dana premi yang sudah disetor maish ada, walaupun nilainya tidak 100% lagi.. Karena, dalam asuransi syariah, ada dana yang diikhlaskan unuk tolong menolong (ta’awun) yang bisanya disebut sebagai dana tabarru.



3. Perhatikan pula ilustrasi yang diberikan. Sebuah ilustrasi menggambarkan berapa dana yang akan diperoleh calon nasabah sampai akhir masa periode perjanjan.

Jika ilustrasi yang diberikan terkesan tidak wajar, dalam arti memberikan keuntungan (bagi hasil) diatas bagi hasil bank pada umumnya, kita jangan langsung tergiur. Tanyakana asumsi apa yang digunakan dalam ilustrasi tersebut.

4. Pelajari dengan baik kesesuaian manfaat yang diberikan. Baiknya, sebelum membeli produk, baca dulu manfaat dari produk yang dibeli.

Sumber : Majalah InfoBank

1 komentar:

rental laptop bali mengatakan...

wah bagus banget nih situsnya :D
artikelnya juga bagus loh :D
thnks infonya yah...sukses selalu sob

Poskan Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.