07 Desember 2016

Mengapa Nabi Muhammad di Peringkat Pertama 100 orang Paling Berpengaruh?

Dalam buku The 100, a Ranking of the Most Influental Persons in History, karya Michael Hart, Nabi Muhammad saw, menempati peringkat pertama. Penempatan ini tentunya bukan tanpa alasan, apalagi yang                 menempatkannya adalah tokoh non muslim.
Michael Hart adalah seorang ilmuwan Amerika ternama di bidang astronomi dan geometri. Dia bekerja di Badan Antariksa Amerika (NASA). Dia menamatkan studi bidang matematika di Universitas New York pada 1958, Michael Hart mendapat gelar master bidang sains di Universitas Philadelphia, sedangkan gelar doktor bidang astronomi diperoleh dari Universitas Princeton pada 1972. Michael Hart banyak melakukan riset ilmiah tentang tokoh-tokoh besar dunia. Dia juga banyak menulis karya, salah satunya yang populer ialah 100 Manusia Paling Berpengaruh di Dunia.
Nabi-MuhammadBerikut kesaksian Michael Hart tentang alasannya menempatkan Nabi Muhammad saw di peringkat pertama peringkat 100 Manusia paling Berpengaruh dalam Sejarah.
  • Satu-satunya Manusia yang Meraih Keberhasilan Spektakuler
Saya tidak ragu sedikitpun saat memilih Muhammad sebagai tokoh pertama di antara deretan nama manusia yang paling berpengaruh di dunia yang pernah ada dalam kesejarahan umat manusia universal. Tentu banyak orang yang heran dengan pilihan saya tersebut dan mereka punya hak untuk heran.
Akan tetapi, yang pasti Muhammad adalah satu-satunya manusia yang meraih keberhasilan spektakuler, baik di bidang penyiaran agama maupun kehidupan dunia. Dia menyiarkan risalah Islam dan kini menjadi agama terbesar di muka bumi ini. Dia adalah pemimpun politik dan panglima tentara yang briian serta pemimpin agama yang hebat dan agung. Kini, setelah tiga belas abad kepergian Muhammad, pengaruhnya tetap eksis dan pengikutnya terus bertambah.
  • Politikus Terbesar
Jika kita melihat sosok Muhammad dalam lanskap kekuasaan, kita akan mengakui dengan jujur bahwa Muhammad adalah politikus terbesar dan kepala pemerintahan terhebat dalam sejarah kemanusiaan universal. Jika kita menelaah kembali lembaran-lembaran sejarah, akan kita temukan banyak peristiwa besar tanpa tahu pahlawan sesungguhnya di balik peristiwa yang ada, seperti keberhasilan Amerika Selatan dalam memerdekakan diri dari belenggu imperialisme Spanyol. Simon Boliviar bisa saja mengklaim dirinya sebagai pemimpin gerakan pembebasan Amerika Selatan itu, bisa pula orang lain mengklaim senada.
Akan tetapi, realitas tersebut tidak berlaku dalam kekuasaan Arab islami. Wilayah kekuasaan Islam yang super luas dan besar itu selalu identik dengan Muhammad dan tiada satu pun yang mengklaim keberhasilan penyebaran panji-panji Islam itu atas nama pribadi selain Muhammad. Masyarakat dunia mengakui keagungan itu dan kehebatan sosok Muhammad. Keberhasilan spektakuler tersebut tidak akan diraih tanpa kepemipinan, tuntunan, dan pembekalan iman yang diajarkan Muhammad.
  • Sinergi antara Agama dan Dunia
Pengaruh besar Muhammad yang tetap eksis hingga detik ini –walau ada sedikit riak perselisihan politik pragmatisme di antara sesama negara Arab—tetapi jalinan kebersamaan mereka tetap kukuh, karena disatukan agama, bahasa, budaya dan sejarah. Bahkan, saat ekspansi barat menjamah negeri mereka pada 1973, seluruh negeri Arab bersatu padu mengusirnya dari ranah Arabia.
Lebih lanjut, Michael Hart menuturkan bahwa sinergi antara agama dan dunia yang sangat brilian yang diajarkan Muhammad tulah yang mendorongnya memilih Muhammad sebagai tokoh pertama di antara deretan nama manusia yang paling berpengaruh di dunia yang pernah ada dalam sejarah kemanusiaan universal di muka bumi ini.


SOURCE : SYAMILQURAN.COM

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.