11 April 2009

TAWA SUTRA PEMILU 2009

Pergi nyontreng di pagi hari.
Banyak pejabat muncul di Tivi.
Wajah Pak SBY berseri-seri.
Melihat Demokrat juara sejati.
(sumber pantun detik.com)

Pemilihan Calon Legislatif telah berlalu tanggal 9 April yang lalu, merupakan pesta demokrasi terbesar yang pernah dilakukan di Indonesia. Pemilu kali ini selain diwarnai dengan banyaknya golput dan liburan panjang, Pemilu 2009 ini juga menghadirkan kisah unik bahkan bisa disebut juga lucu. Ada beberapa hal yang dapat menggelitik kita semua ?

Seorang calon anggota legislatif Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) meninggal dunia akibat serangan jantung karena diduga kecewa dengan kecilnya perolehan suara di Seririt Buleleng, Bali. Putu Lilik Heliawati, caleg Partai Hanura untuk DPRD Buleleng lemas setelah mendapat laporan hasil penghitungan suara, sebelum tewas, Lilik sempat memantau sejumlah TPS. Namun pukul 22.00 Wita, caleg nomor tiga dapil Busungsbiu, Buleleng, ini tiba-tiba pingsan setelah menerima telpon dari salah satu tim suksesnya. Saat tiba di RSUD Singaraja pukul 23.00 Wita, nyawa Lilik tidak tertolong. "Kata dokter, dia meninggal akibat serangan jantung. Kemungkinan karena mendengar hasil penghitungan suara.



Caleg dari PAN Sunartoyo dan Emir Firdaus ketangkap basah melakukan money politic dan sekarang lagi diselidiki oleh Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Beberapa warga di Desa Tenggulunan, Kecamatan Candi, Sidoarjo, memperoleh uang Rp 20.000 dengan ajakan untuk memilih caleg dari partai PAN tersebut . daerah pemilihan Sidoarjo I. Dari barang bukti yang diamankan Panwas Kabupaten Sidoarjo, terdapat selebaran bertuliskan nama Sunartoyo (bernomor urut satu) dan Emir Firdaus (bernomor urut dua). Setiap nomor pada masing-masing nama tersebut terdapat tanda contreng berwarna merah. Pada bagian tengah selebaran tertulis kalimat contreng atau coblos nama caleg. Uniknya laporan praktek money politic tersebut dilaporkan teman mereka sendiri yang juga Caleg dari PAN. Jeruk makan jeruk..



Ajang pemilu kali ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk memberantas kemiskinan karena dipandang banyak menyediakan lapangan pekerjaan baru, terlebih dengan adanya sistem suara terbanyak, sehingga masyarakat pada berbondong-bondong mencalonkan diri untuk menjadi caleg, tapi ada yang unik tercatat ada 150 caleg yang mengundurkan diri dari pencalegan karena kebanyakan diantara mereka ada yang lulus sebagai PNS dan diterima ditempat pekerjaan lainnya (Kompas.com)


Calon anggota legislatif (caleg) termasuk kelompok yang rawan mengalami impotensi akibat beban fisik dan psikis, terutama mereka yang gagal melenggang ke kursi parlemen pada Pemilu 9 April 2009. Tidak hanya persoalan impotensi, namun berbagai penyakit akibat beban luar biasa pada fisik dan psikis yang dialami caleg bisa terjadi. Faktor psikis, misalnya, mengalami stres dan depresi berat akibat kegagalan dalam meraih suara bisa menimbulkan ketegangan sehingga sulit untuk ereksi.
Saat mengalami kegagalan ereksi akibat ketegangan pikiran, biasanya akan memperparah keadaan depresi. Apabila berulang-ulang mengalami kegagalan dalam ereksi, maka kian memperburuk kondisi caleg sehingga terjadi impotensi.


Kini mulai bermunculan beberapa caleg di Kabupaten Garut yang diindikasikan kuat mengalami stres berat. Bahkan, sempat terjadi dua caleg dari dua parpol berbeda marah besar sambil berteriak menghujat tim suksesnya. Hal itu terjadi setelah dilakukan penghitungan suara, hasil sementara menunjukkan keok atau kalah telak sehingga sempat ditenangkan sekaligus diamankan pada Polsek setempat. Namun, kini telah dilepaskan kembali ke alam bebas.


Caleg PAN Dapil V Jawa tengah Bambang Saptono setelah pencontrengan selesai, dan penghitungan suara dimulai mendatangi Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta. "Saya memang cari sensasi. Sekalian mengecek kondisi saya, apakah ada indikasi saya stres. Ternyata setelah dicek saya hanya kecapekan, saya sehat kok," kata Bambang
"Saya bertanya-tanya apakah kondisi gejala stres itu ada pada saya. Saya ingin tahu, tapi alhamdulillah saya sehat," jelasnya menegaskan. Dia mengaku dirinya memang telah menghabiskan uang ratusan juta untuk kampanye. "Sekitar Rp 400-500 juta. Tapi saya siap menerima kalau kalah, peluangnya sekarang kan masih 50 persen," tambah caleg nomor urut 9 Dapil V untuk DPR RI ini.


Mantan caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) Abdul Hadi Djamal yang tersandung masalah korupsi pelabuhan dan bandara di Indonesia Timur untuk sementara mendapatkan suara yang terbanyak dari partainya padahal dirinya sekarang lagi berwisata dan menginap di hotel prodeo.


Caleg dari kalangan artis mendapatkan suara yang lebih banyak bila dibandingkan politisis seperti Mandra yang mengungguli suara Agung Laksono, Mandra dan Agung bertempur di Dapil yang sama, masih banyak artis lain yang mendapatkan suara banyak seperti Primus dan Wanda Hamidah.


Di Cirebon salah satu caleg dari partai patriot mengalami depresi setelah ia mengetahui suara yang ia dapat tidak sesuai dengan harapan ia termenung dikamar,sehingga ia dibawa pihak keluarganya untuk terapi, dan menurut pihak terapi sudah puluhan caleg mendaftar untuk diterapi.


Di Maluku lebih unik lagi, sang caleg yang gagal sebelumnya telah memberikan sumbangan berupa dua karpet ke kelompok pengajian ibu-ibu, tetapi setelah ia mengetahui suara yang ia dapatkan tidak memenuhi harapan, istri sang caleg yang gagal tersebut meminta kembali karpet tersebut.


Di Klaten sang caleg dari partai PPI gagal, sebelumnya ia telah menjual hewan ternaknya, dan kini ia kembali ke profesi semula sebagai peternak dan petani.


Lalu bagaimana dengan mas subiyanto ?
.

33 komentar:

Anonim mengatakan...

ha...ha.. ini benar-benar tawa sutera ngalahin budihanduk (budihan.blogspot.com)

Penyamun Blogger mengatakan...

napa gak jadi wartawan aja ri, lanca banget lo nulisnya..


heheh...

langsung lamar jadi pemred aja deh lo...

Indra mengatakan...

wah ni da panggilan baru
Eri handuk
mas eri handuk the new TAWA SUTRA

Dinoe mengatakan...

He..he..tawa sutra ri...bentar lagi banyak caleg yang tertawa sendiri

attayaya mengatakan...

wowwwww jadi banyak yang tertawa

GO vs YA mengatakan...

"keren bro!! tapi sayang! kalau soal politik! gue no comment!! nggak ada gunanya! toh koruptor jg yg kita pilih!! Gol put!"

riosisemut mengatakan...

RE : koq koment kamu dimana-mana sama,
'selalu ada kunjungan' dst,..?


Kayaknya kamu ni pengamat berita PEMILU ya??

cah ndeso mengatakan...

ahahahahaaaa

eri-communicator mengatakan...

@ Riosisemut biar praktis komennya tinggal copy dan paste, jadi blogwalkingnya ngak repot

Hendrawan mengatakan...

Pergi mencontreng pagi hari
mencontrengpun tak perlu buru2
kalau yg lebih seru lagi
baca riau pos besok pagi

sudah ada yg masuk RSJ Tampan...

BlaGaBloGer mengatakan...

Ckckckckckc.....
stress kalo jadi Caleg....

ADVINTRO mengatakan...

ada gak, info caleg jadi mancaleg terus muter keliling kampung cuma pakai celana dalam gara-gara gagal, kayak yang dulu itu loh

J O N K mengatakan...

wah lebih parah dari prediksi semula inih, sampai2 ada yang meninggal ...

bang terus nulis, tulisannya ngalir nih, jadi asyik bacanya ... :)

JengSri mengatakan...

Walaupun gak ikutan contreng, jengSri ikutan mendukung azahhh dari jauhhhh!!

rampadan mengatakan...

Seru seru ya ternyata infonya. Baru tau banyak kejadian aneh ttg pemilu disini.
Hebat mas ini.

Dinoe mengatakan...

Tulisannya bagus ri..maknanya dlm banget..

awan_clickerz mengatakan...

ada jurnalis toh di blogger ini.
Hmm..naglir kata2 nya,
bisa ajarin aku jd komentator bola gak...(gak nyambung ya)..hehee


Yup !

Risti mengatakan...

Lengkap sekali artikel penyonterangan di artikelmu sob. aku mo nambahin kalo di semarang ada petugas polisi pemantau TPS yang meninggal dunia akibat kelelahan selama bertugas (berita Trans 7 kemarin)

Radill mengatakan...

informasi serba-serbi pemilu yang komplit plit plit.

ifoell mengatakan...

Salam kenal n met week end ya..??

attayaya mengatakan...

aku masih tertawa
hahahahahaha

attayaya mengatakan...

manusia oh.... manusia

eppie-cool mengatakan...

Ada yg beda di tanjungpinang, sehubungan libur panjang bersama beberapa orang caleg terlihat rekreasi, mungkin u refresh atau ngabisin sisa dana donatur yah...

eppie-cool mengatakan...

Kamu adalah : Mata Kanannya Indonesia, Mata Kirinya Riau, Hatinya pekanbaru, Jantungnya bapak mu...terbitkan bual-bual wahab dengan judpost "HANYA DUSTA PEMILU 2009".

Yudhi Gejali, dr. mengatakan...

mungkin di setiap pengumuman hasil pilleg harus disediakan: Alat Kejut Jantung. Sama seperti di Bursa Efek.

Takut ada yang serangan jantung.

sibaho mengatakan...

saking stress-nya, para caleg yang gagal itu banyak yang menarik kembali barang-barang yang sudah diberikan ke para konstituennya :D parah...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kasihan ya...gara2 gak terpilih sampai meninggal. duuuh..miris nih bacanya.

black_id mengatakan...

beberapa hari yang lalu pernah saya baca postingan dari seorang blogger(maaf saya lupa namanya) katanya disebuah RSJ sudah menyiapkan kamar khusus buat para caleg, artinya usaha mereka tidak sia2,,mestinya ada juga yang sudah nyiapin kuburan(menggali kubur)juga ha-ha-ha...

Ummu Zalfa mengatakan...

"blog info pemilu yg Ok!"

vindie caroline mengatakan...

Bner2 bkin Ktawa....

HEhehehehe.......
Co2k buat lawakan...!!!

Sukses terus ya!!
Salam knal!!!

beebill mengatakan...

nasib mu para CALEG...
CALEG = Cangkem Lheghrex

Anonim mengatakan...

Banyak mental calon wakil rakyat yang kacau akibat ingin mendapatkan kursi di parlemen.. Seharusnya dari awal sejak mereka mencalonkan diri dan mewakili partai masing2, mereka harus siap dengan resiko ini. Kita tunggu aja, masih banyak caleg-caleg yang lain akan menyusul....

IMAM MEQELS mengatakan...

Emang susah kalau sudah menyangkut politik,apalagi di negara kita yang kadang semua hal di halalkan,demi namanya kekuasaan,semua rela di lakukan,dengan cara apapun asal keinginan tercapai,dengan dalih demi rakyat demi negara demi bangsa,saat ini juga ketika akan menuju pilpres semua menjalani srategi dan taktik menunggu dengan harap harap cemas semua hasil finalnya nanti,dan sebagai acuan saya menyarankan dan memang sangat cocok kalau semua pasangan cawapres kita mendengarkan lagu dari hijau daun yang berjudul SUARA,PAS BGT TUH TUH DENGAN KONDISI PERASAA PARA KOMPETITOR,SALAM

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.