07 Maret 2012

MANFAAT BLOG BAGI UKM

Di era komunikasi horizontal sekarang ini konsumen makin kritis, teliti, dan hati – hati. Mereka biasanya akan mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya sebelum membeli suatu produk atau layanan. Dan mereka tidak akan begitu saja percaya dengan bujukan iklan suatu produk.

Website saja bagi konsumen belum cukup, karena mereka tahu informasi di website biasanya bersifat satu arah. Isinya hanya serangkaian informasi tentang seluk-beluk serta produk / layanan dari sebuah perusahaan. Sudah begitu informasinya jarang di-update. Konsumen biasanya akan mencari informasi tambahan sebanyak – banyaknya guna mendapatkan informasi yang akurat tentang suatu produk atau layanan. Salah satunya dengan mencari kelebihan dan kekurangan suatu produk dari orang – orang yang pernah memakai produk atau jasa tersebut melalui komentar atau testimoni mereka di blog yang dikelola oleh perusahaan.

Nah, disitulah pentingnya perusahaan diperkuat dengan blog, termasuk perusahaan skala kecil dan menengah. Apa saja kelebihan blog dibandingkan website? Berikut paparannya:
1.      Dengan blog, perusahaan akan lebih mudah bereskspresi. Perusahaan akan lebih longgar dan lentur menyampaikan informasi tentang berbagai hal menyangkut produk atau layanan yang diberikan perusahaan.
2.      Dengan blog perusahaan secara tidak langsung dapat mengedukasi konsumen. Misalnya melempar informasi tentang produk – produk yang akan diluncurkan, wacana peluncuran produk baru, atau rencana pengembangan suatu produk. Perusahaan bisa membagi informasinya lewat blog sekaligus memancing respon konsumen atau masyarakat luas. Jika konsumen penasaran, mereka bisa menanggapinya sehingga terlihat respon konsumen tentang produk /layanan tersebut.
3.      Konsumen akan lebih yakin ketika ia mengunjungi blog perusahaan setelah melihat perusahaan pemilik blog tersebut terlihat aktif menangani project, mengadakan event penjualan dan promosi, maupun interaksi dengan para klien.
 
Apakah perusahaan Anda sudah memiliki blog? Jika belum ada baiknya untuk segera membuatnya dan mengintegrasikannya ke website perusahaan. Percayalah Anda akan mendapatkan respon atau informasi berguna dari konsumen yang tidak Anda peroleh dari website perusahaan.
 
Sumber : Majalah Marketing

3 komentar:

attayaya mengatakan...

Blogger Bertuah Pekanbaru siap melatih para UKM untuk membuat blog

salam
attayaya

natural mengatakan...

sangat bermanfaat sekali info nya buat di simak ........

mujarap mengatakan...

artikel yang bagus sekali, buat di pelajari ,...

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.