30 Agustus 2011

CARA AMAN BERTRANSAKSI KARTU KREDIT

Pengguna kartu kredit sejatinya tidak perlu takut dengan debt collector. Yang perlu diantisipasi adalah agar kartu kredit tersebu jangan sampai terkena maling pembobol kartu kredit. Bagaimana caranya ?  

Kejahatan kartu kredit makin hari makin canggih. Makanya, pemilik kartu harus ekstra hati-hati. Menurut Dewan Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Dodit W. Prabojakti, ada beberapa tips bagi pengguna kartu kredit untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit.
  • Kartu kredit dan dokumen terkait harus selalu dalam pengawasan pemegang kartu. Artinya, bila kartu hilang, harus segera dilaporkan ke bank yang bersangkutan agar pemblokirannya cepat.
  •  Kalau  bertransaksi via internet, carilah tempat yang aman. ”Jangan di tempat umum yang gampang disadap, baik itu nomor kartu maupun apa pun.
  •  Bila menginginkan belanja lewat fasilitas online shopping, carilah provider yang bereputasi baik. “Jangan memberikan nomor kartu dan expired-nya. Karena, merchant tertentu, dengan consumer memberikan nomor kartu yang 16 digit dan masa expired itu, sudah berhak mendebit
  • Kalau bank penerbit menelepon dan menanyakan transaksi terakhir, jawablah secara jujur. Sebab, bisa jadi, ada kejanggalan transaksi di kartu Anda. Itu kalau ingin kartu kredit Anda aman alias tidak dibobol. 
sumber : Infobank

1 komentar:

janice keren mengatakan...

saya selalu aman kok karena setiap transaksi pakai paypak dijamin aman.

Poskan Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.