27 Maret 2009

Makna Sahabat dalam Hidup

Saya memiliki banyak teman, tapi tidak semua dari teman saya itu sahabat saya, tapi sejatinya bagi saya mereka semua adalah sahabat.

Apa sih perbedaan teman dengan sahabat ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: TEMAN adalah orang yang bersama-sama bekerja, berbuat, berjalan sedangkan SAHABAT adalah orang yang menyenangkan dalam pergaulan.

Tadi saya berbincang-bincang dengan sahabat saya apa sih maknanya sahabat bagi kami, setelah ngobrol panjang mengenai sahabat akhirnya saya menyimpulkan bahwa sahabat adalah :
- Sahabat yang baik tidak akan meninggalkan sahabatnya dalam keadaan susah
- Apabila saya melakukan hal buruk, sahabatku pasti menegur.
- Seorang sahabat itu harus jujur.
- Sahabat adalah salah satu sumber pengalaman hidup kita.
- Sahabat akan mencegah kita berbuat yang tidak baik.
- Dapat diajak bertukar pikiran dan memberi saran positif.
- Ikhlas berkorban.
- Dan yang paling penting sahabat adalah tempat kita meminjam uang pada saat kita tidak punya uang, dan ia akan lebih menjadi seorang sahabt jika ikhlas memberi uang jadi bukan pinjaman (ha...ha)

Bagi saya seorang pribadi sahabat memiliki makna 3 hal yaitu membahagiakan, menggembirakan dan menyenangkan. Jika kehidupan selalu silih berganti datangnya kebahagiaan dan penderitaan namun seorang sahabat hadir dalam bentuk 3 hal diatas sehingga kehadiran orang sahabat saling memuliakan membuat hidup ini menjadi indah dan membuat hidup lebih hidup.

Bahkan berdasarkan penelitian Dr. Jan Yanger menunjukkan bahwa orang yang memiliki sahabat walau satu orang mempunyai harapan hidup yang lebih baik, kesehatan mental yang positif sehingga memberikan kesempatan sembuh dari sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki sahabat.

Mencari teman itu gampang, namun mencari sahabat itu sangat susah, terlebih teman untuk suka, mencari teman itu susah apa bila untuk teman duka. Kita punya duit, punya kendaraan, saya yakin gampang sekali mencari teman. Tetapi apabila kita sedang tidak ada duit cenderung mereka akan meninggalkan kita. Mencari teman untuk duka/susah itu yang paling susah. Mana ada teman yang mau diajak untuk susah, mana ada teman yang mau mengerti dengan masalah kita.

Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kita. Baik di dalam susah atau senang. Hanya sahabat yang mau membantu kita di saat kita menemui persoalan.

Bercerita mengenai sahabat saya mempunyai 2 sahabat ditempat bekerja dulu kami pernah satu kantor bekerja, dan kami adalah tim yang solid, bahkan teman-teman lain berkata cukup hanya kalian yang bekerja dan perusahaan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa kehadiran kami semua. Sekarang kami bertiga telah berpisah dan masing-masing kita bertugas di Kota yang berbeda, kadang-kadang kita berkumpul bersama dan biasanya kita makan bersama-sama dan juga berbelanja, walaupun kami berjauhan sesama kami saling bertukar informasi mengenai kehidupan pribadi masing-masing dan juga mengenai pekerjaan tentunya.

Terimakasih buat Sahabatku dan juga abangku Dabrinus, SP. dan Aulia Rahman, A.Md. senang bekerjasama dan bersahabat dengan kalian.

13 komentar:

kak_ega_punya cerita mengatakan...

hai2.. thanks dah mampir ya...

bagi saya sahabat adalah orang yang akan menarik kita saat jatuh dan bukannya ikut jatuh ke dalam ya ga??? hehe sok tau ya...

dhiyah95 mengatakan...

hm... makna sahabat...???
hm... makna teman...???
hm... makna kawan...???

apakah semua ini sama kanda???

Muzda mengatakan...

Sahabat bagi saya, adalah mereka yang hafal isi kepala kita...
Mereka yang pantas kita dapatkan apabila kita bersikap sama ...
Bukan satu arah, tapi hubungan dua arah yang selalu berbagi dan tak pernah menghitung ..

Sahabat,, dunia gak akan sama ya tanpa mereka :D

Dinoe mengatakan...

Kawan setuju ri..dgn arti sahabat yang eri tulis, apa lagi point yang paling bawah, meminjam uang bila kekurangan
Itu yang paling kawan setuju..he..he

bayu nugroho mengatakan...

saya pernah dikhianati teman, tapi sahabat belum pernah.... sahabat adalah sodara..

attayaya mengatakan...

sahabat tuh ada dalam keadaan susah dan seneng
terutama dalam keadaan susah

pinjem duit dong
lagi akhir bulan neh

eppie-cool mengatakan...

Benar tu hab, good point.

ReGiE mengatakan...

jika sahabat terluka,maka bagian dari diri ini juga terluka,merasakan apa yang dirasakannya.jika sababt kita bahagia,betapa senang juga kita sebagai sahabatnya,berbaur dalam satu rasa,bersama dalam canda suka dan duka,

Neng Aia mengatakan...

duh! jadi kangen sahabat saya juga nih ~_~

ajeng mengatakan...

Jadi kangen sahabatku yang sekarang ada di Medan..Hiks,jadi mellow.. Terima kasih sharenya.

IjoPunkJUtee mengatakan...

Sahabat adalah orang yang datang belakangan saat kita senang, tetapi kan hadir paling awal saat kita dilanda kesedihan.....

iyhaa mengatakan...

gua sayaang sekali samaa sahabta gua walau mereka terkadang bisa ngertiin gua :)

genji azzam mengatakan...

Sahabat bagiku adalah orang yang selalu ada saat kita butuh, orang yang selalu tersenyum saat kita bahagia, orang selalu memberikan canda & tawanya untuk mewarnai hari-hari kita...!!! :-)

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.