15 September 2010

5 Profesi Paling Bergengsi

1. Senior Geologist
Pasalnya, senior geologist adalah orang kunci di bisnis perminyakan. Mereka bertugas untuk menemukan ladang-ladang minyak baru."Jiwa perusahaan minyak itu ada di geolognya. Tanpa mereka, tentu perusahaan sulit mengetahui letak sumber minyak yang ada," ujar Ridwan Jamaludin, sekjen Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI). Pada level pengambilan keputusan pun, posisi geolog sangat berperan. Seperti pada keputusan melanjutkan pengeboran atau tidak saja, masalah besarnya cost yang akan ditanggung harus benar-benar diperhitungkan.
Celakanya, tidak banyak orang yang berprofesi sebagai senior geologist. Mencetak tenaga ahli di bidang geologi tidak bisa instan. Seorang geolog senior andal, seseorang harus terlebih dahulu berhasil menempuh pendidikan tinggi di jurusan ilmu geologi dan ia juga harus sukses menangani berbagai proyek penambangan selama belasan tahun.
Menurut Hilmi – Presdir PT Medco Energi Internasional, alasan perusahaan-perusahaan pertambangan luar negeri melirik senior geologist asal Indonesia karena Indonesia telah mengelola minyak lebih dari 100 tahun. Maka, geolog-geolog asal Indonesiadinilai juga tak kalah pengalaman. "Dan, yang terutama, tenaga ahli kita cenderung bisa digaji lebih murah dari ekspat-ekspat Amerika," cetus Hilmi.
Salarynya..ummm jangan ditanya. Ridwan memaparkan, perusahaan pertambangan asing yang beroperasi di Indonesiaberani menggaji seorang senior geologist hingga US$9.000 atau sekitar Rp85,5 juta tiap bulan (dengan kurs US$1 = Rp9.500). Jadi, penghasilan tetapnya dalam setahun mencapai Rp1miliar lebih. "Itu pun di luar bonus tahunan dari perusahaan," tandas Ridwan.Data IAGI menyebutkan seorang senior geologist di luar negeri, dengan pengalaman kerja di atas 10 tahun, rata-rata mampu mengantongi gaji US$12.000–15.000 (sekitar Rp114–142,5 juta) per bulan atau Rp1 miliar lebih per tahun.

2. Radio Frequensi Engineer (RF Engineer)
Tidak banyak RFengineer berpengalaman yang tersedia di dalam negeri. Padahal, permintaan begitu tinggi, baik untuk pembangunan jaringan telekomunikasi maupun untuk pemeliharaan kualitas telekomunikasi. "Sampai-sampai perusahaan telekomunikasi di sini mendatangkan tenaga dari luar negeri," jelas Bernadette - country general manager PT BTI Consultants Indonesia. Dian Siswarini, direktur network PT Excelcomindo Pratama Tbk., menaksir hanya ada 200–300 RF engineer di negeri ini. Dari 10 operator selular yang ada di Tanah Air, diperkirakan masing-masing memiliki sekitar 30 RF engineer. Padahal, idealnya, setiap operator punya 50 RF engineer, yaitu 20 orang bertugas mendesain dan 30 orang untuk memonitor.
Oleh karena langka, maka "harga" RF engineer ikut melambung. Standar gaji RF engineer berpengalaman didalam negeri Rp8–15 juta per bulan. Gajinya akan lebih tinggi lagi kalau mereka bekerja di luar negeri. Disana, RF engineer yang belum berpengalaman dibayar US$5.000–7.000 per bulan, sedangkan yang berpengalaman US$8.000–12.000. Maka, tak heran jika para RF engineer ini tertarik untuk berkarier di luar negeri. " Susah sekali menahan mereka," cetus Dian.(tuh Vir, kisaran salary yang seharusnya elo terima tuh, maiiGoddd)

3. Investment Banker
Biasa menangani transaksi keuangan bernilai besar, rata-rata bernilai ratusan miliar hingga triliunan rupiah, bayaran para bankir investasi tergolong tinggi. Rata-rata gaji pokok (basic salary) seorang bankir investasi di dunia sebesar US$200.000 pertahun. Akan lebih tinggi lagi gajinya kalau ia seorang bankir investasi top, yakni bisa mencapai Rp5 miliar sampai Rp20 miliar per tahun.
Namun, itu belum ditambah dengan bonus. Umumnya bonus yang mereka terima lebih besar dari gaji pokoknya. "Penghasilan utama kami itu sangat tergantung kemampuan dan keaktifan kami serta kondisi pasar yang ada. Jika memang kondisi pasar sangat mendukung, bukan tidak mungkin kami memperoleh penghasilan di atas rata-rata. Kami seperti sopir angkutan umum yang mengejar setoran," ujar Ani Maryani, seorang banker investasi di perusahaan sekuritas nasional. Bonus diberikan tergantung pada kesuksesan transaksi yang dilakukan, sehingga bonus mereka beragam, bisa US$1–2juta, atau bahkan lebih! Misalkan ia berhasil membukukan empat transaksi, dan fee dari transaksi tersebut sekitar US$50 juta. Maka, jika persentase bonusnya 3%, ia akan menerima bonus US$1,5 juta.

4. Design Interior
Gencarnya pembangunan infrastruktur, terutama di sektor properti, yang dilakukan oleh swasta dan pemerintah belakangan ini membuat kebutuhan jasa desainer interior makin meningkat. Makin tingginya apresiasi masyarakat terhadap bidang desain interior juga membuat jasa desainer interior makin laris.
Arjon, sekjen Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), mengungkapkan rata-rata desainer interior di Tanah Air memperoleh imbalan jasa sebesar 3%–10% dari nilai suatu bangunan yang akan didesain interiornya. Jadi, jika seorang desainer interior mendapat sebuah proyek desain interior untuk gedung seratus lantai bernilai Rp50 miliar, maka desainer itu bisa meraup penghasilan sekitar Rp1,5 miliar sampai Rp5 miliar. "Besar kecilnya persentase tergantung kesepakatan antara pihak user dan si desainer," ujar Arjon.

5. Dokter Spesialis Kandungan
Makentur J.N. Mamahit, seorang dokter ahli kandungan, mengungkapkan rata-rata penghasilan dokter spesialis kandungan yang berpraktek di Jakarta sebesar Rp50 juta per bulan atau sekitar Rp750 juta setahun. Akan tetapi, berbeda halnya dengan penghasilan dokter ahli kandungan yang menjadi favorit masyarakat atau laris dicari, pendapatan mereka jauh lebih tinggi. Dalam sebulan, mereka bisa mendapatkan penghasilan Rp150 juta atau sekitar Rp2,25 miliar per tahun.
Faktor yang membuat dokter spesialis kandungan termasuk profesi termahal terutama lebih karena peran persepsi yang tumbuh di kalangan masyarakat terhadap profesi ini. Muncul fenomena dokter spesialis kandungan favorit di mata masyarakat, terutama di kota-kota besar. Salah satu persepsi yang muncul adalah makin mahal tarif layanan seorang dokter spesialis kandungan, maka layanannya dianggap makin bagus pula. "Pasien di Indonesia memiliki pola pikir seperti itu. Kalau mahal, mereka akan berasumsi bahwa dokter itu bagus. Akibatnya, dokter itu makin dicari,"terang Kartono Mohamad, mantan ketua Ikatan Dokter Indonesia. Ditangani oleh dokter ahli kandungan bertarif mahal dianggap lebih bergengsi.


3 komentar:

Ronaldo Rozalino mengatakan...

Apapun profesinya, yang terpenting profesi itu membawa kemslahatan umat kearah yang behkah

Laras mengatakan...

hmm...mas eri, kalo dokter ginekologi termasuk bergengsi ga ya????

iklan mobil bekas mengatakan...

webmaster ga masuk yh??

Poskan Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.