15 September 2010

Antara Pengusaha dan Intelektual

Enak mana jadi pengusaha (di sini digambarkan sebagai “orang bodoh”) dan orang pintar (intelektual)?

Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya di bisnis.
Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang Pintar.
Walhasil Bosnya orang pintar adalah orang bodoh.

Orang bodoh sering melakukan kesalahan, maka dia rekrut orang pintar yang tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah.
Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.

Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya mendapatkan kerja.
Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk membayari proposal yang diajukan orang pintar.

Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato, maka disuruh orang pintar untuk membuatnya.
Orang bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH).
Oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.

Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan, sementara itu orang pintar percaya.
Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh.
Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada di atas.

Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar,
walhasil orang orang pintar menjadi staffnya orang bodoh.

Saat bisnis orang bodoh mengalami kelesuan, dia PHK orang-orang pintar yang berkerja.
Tapi orang-orang pintar DEMO, Walhasil orang-orang pintar meratap-ratap” kepada orang bodoh agar tetap di berikan pekerjaan.

Tapi saat bisnis orang bodoh maju, orang pinter akan menghabiskan waktu untuk bekerja keras dengan hati senang, sementara orang bodoh menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan
keluarganya.

Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa dijadikan duit.
Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.

Bill Gates (Microsoft), Dell, Hendri (Ford),
Thomas Alfa Edison, Tommy Suharto, Liem Siu Liong (BCA group).

Adalah orang-orang Bodoh (tidak pernah dapat S1) yang kaya.
Ribuan orang-orang pintar bekerja untuk mereka.
Dan puluhan ribu jiwa keluarga orang pintar bergantung pada orang bodoh.

PERTANYAAN :
Jadi mending jadi orang pinter atau orang bodoh??
Pinteran mana antara orang pinter atau orang bodoh ???
Mulia mana antara orang pinter atau orang bodoh??
Susah mana antara orang pinter atau orang bodoh??

KESIMPULAN:
Jangan lama-lama jadi orang pintar, lama-lama tidak sadar bahwa dirinya telah dibodohi oleh orang bodoh.

Jadilah orang bodoh yang pinter dari pada jadi orang pinter yang bodoh.

Kata kunci nya adalah “resiko” dan “berusaha”, karena orang bodoh berpikir pendek maka dia bilang resikonya kecil, selanjutnya dia berusaha agar resiko betul-betul kecil.

Orang pintar perpikir panjang maka dia bilang resikonya besar untuk selanjutnya dia tidak akan berusaha mengambil resiko tersebut. Dan mengabdi pada orang bodoh.

Dikutip dari Milis Nasional PPI India (ppiindia@yahooroups.com)

52 komentar:

rampadan mengatakan...

Bener juga yg mas tulis. Semoga aku yg cuman lulusan stm ini bisa jd orang bodoh yg pinter nyari duit.
Amiiien.

sungaikuantan240409 mengatakan...

yg penting aq perkenalkan wisata dan budaya di dunia maya..........
kalau pengen riau maju melalui wisata dan budaya pilin nanlimo pilgubri mendatang.... wakakakaka....

kacau dah... pengusaha otaknya duit melulu........... hihihi

Ivan@mobii mengatakan...

Bener bgt tuh! sometime org yg pintar malah d bodohi ma org bodoh. Tapi Gak semuanya kaya gitu kan ???
Pilihanku orang bodoh yang gak suka membodohi org lain. yang ada aku yg d bodohi....

J O N K mengatakan...

*acungkan tangan*

saya mendingan jadi orang pinter yang beruntung hehehe, eh tapi kalau merasa pinter jadi males nambah ilmu ya bang, jadi mending merasa bodoh aja biar bisa terur belajar ...

priandhani mengatakan...

dah pernah baca di forum.
dan memang kenyataannya begitu.
buktinya banyakan orang yang sibuk cari lowongan kerja, dan bukannya sibuk bikin lapangan kerja.

h35ti mengatakan...

kalo kata bapakku nih ri, orang pinter yg IPKnya tinggi cenderung inginnya bekerja, lebih sering pake otak kiri, nah kalo orang yg biasa2 aja, kurang pinter (dialusin dikit ah nyebutnya..)itu biasanya berani ambil resiko, sering pake otak kanannya dan cenderung inginnya wirausaha..gituu. Tapi mang enak jadi wirausaha sih, bebas ngatur jam kerja ama penghasilan yg tak terbatas..ya kan ??

Risti mengatakan...

Terlalu banyak orang pintar di negeri ini, tapi malah di bodoh-bodohin ama orang yang bodoh.

ironisnya orang yang bodoh senantiasa menindas orang yang pintar tapi kurang beruntung nasibnya.

karumbu mengatakan...

utk pertama kalinya dalam hidup saya, saya pengen banget jadi bodoh...

dwinacute mengatakan...

keknya orang bodoh itu lebih pinter dari pada orang pinter.

kalo sekolahnya gak tinggi bukan berarti bodohkan?
karena manusia hanya akan menjadi bodoh kalau dia mengijinkan dirinya untuk menjadi bodoh.

udah ah jangan maen bodoh-bodohan ntar bodongan lho.. hehehhe

ReGiE mengatakan...

regie itu:
gadis bdoh..
gadis goblok..
gadis bongak..
gadis bango..
yang pintar senyiasati orang pintar,
sehingga kepintarannya menular...dan mudah2an aja kebodohan gie menular sama si pintar(tukar nasib dech)hhehehe

orang bodoh bukan berarti mw di bodoh-bodohin... orang bodoh adlah orang yang gk mw mengaku dirinya bodoh...

buwel mengatakan...

setuju nih....
orang pinter selalu mengaku dirinya bodoh, orang bodoh selalu menganggap dirinya pinter....
pinter sekali deh abang nih....hehehe

Kurniadi Bulhani mengatakan...

gak usah repot-repot mas,wong gawan bayi kok...atau mungkin pertanyaannya nih bodoh,dan yang jawab gak jadi pinter-pinter....

IjoPunkJUtee mengatakan...

Aku pengen jadi orang pinter yang minteri...Setia sama istri kagak mau korupsi...insya4JJI...

* Ayah Jhon,namanya LUPA, pendiri Papa Jhon's Pizza...bukan orang yang pinter masak pizza, tapi kenapa ia sukses..??karena ia dapet mengakomodir dan mengkoordinir para jago masak pizza....

Counternya membengkak, malah ada yang nyrempet2 namanya, papa ron's pizza....

Itik Bali mengatakan...

Aku pengin jadi diriku sendiri
kalo pas pinter ya ngaku bisa
kalo pas bodoh ya ngaku gak bisa
dan bertanya
biar gak jadi dong dong terus..

Dinoe mengatakan...

Menurut saya orang yang"pintar-pintar" bisa menguasai orang pintar

dinoe mengatakan...

semangat dan kemauan kunci jadi penguasa..

sibaho way mengatakan...

kesimpulannya: orang bodoh, pintar memanipulasi orang pintar?

Rantaro mengatakan...

hmm klo gitu musti jadi orang bodoh yang pintar ya hehe
kok bisa ya udah bodoh tapi pintar??

reni mengatakan...

Mosok seh begitu ?? jadi bingung deh. *pegangin kepala yg pusing*

Tisti Rabbani mengatakan...

jadi kesindir...

joe mengatakan...

tetap saja orang bodoh dan orang pintar saling membutuhkan dan saling ketergantungan satu sama lain...

Newsoul mengatakan...

Hm....sepertinya istilah Pinpinbo (pintar pintar bodoh) itu muncul dr pemikiran yang seperti ini ya ri. Jadi mending bobopin atau pipinbo....!?, hehe.

Tukang komen mengatakan...

bdoh... pinter... bodoh... pinter.... ah bodo ah... yang penting komen.. he..he..eh.

attayaya mengatakan...

kalo orang bodoh bisa membodohi org pinter, berarti dia pinter dong

ato lebih enak jadi org pinter yg pinter, kaya, baik, tidak sombong, dan suka menabung
hehehehe

eppie-cool mengatakan...

enaknya ya jadi orang pintar kerja di tempat orang pintar, pokoknya nggak ada yang bodoh, kalau sample eri tadi mereka bukan bodoh, mereka semua pintar apalagi tu si tommy s....ya tau sendirilah...

an mengatakan...

wah orang pinter orang bodo aku jadi orang pinter aja yang pastinya biar ga dibodohin oke sob

Seti@wan Dirg@ntara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Lebih baik jadi pengusaha yang intelek, pinter dan berhati mulia , komplit deh.... Ada nggak yang gituan??????

Maryo Sanjaya Adi Putra mengatakan...

Benar2 pemikiran yg bagus juga.. tapi aku juga kdg berpikir g mau di bodoh2in sama orang-orang bodoh, tukang olah, pebisnis kacangan yg tipu kiri dan kanan demi mendapatkan keuntungan. Pengennya jadi orang Pintar yang pandai-pandai. Pandai2 lah nak hidup...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

yg sedang2 aja deh. jgn terlalu bodoh juga jgn terlalu pinter.

yanuar catur rastafara mengatakan...

aq milih jadi intelektual yang mempunyai jiwa pengusaha
hehehehehe

Waty Elfandari mengatakan...

Jadi bingung waty mas..... Jadi orang bodoh atau pinter ya???

Fanda mengatakan...

meski aku orang bodoh (ga lulus S1) tp aku berhasil membuat orang pintar tiap bulan transfer ke rekeningku pdhal aku tiap hari kerjanya ngeblog melulu. Nah lo??

kakve-santi mengatakan...

dueng...dueng..
mumet..

indra putu achyar mengatakan...

Rasanya nggak seru juga kalo di dunia ini hanya ada orang bodoh, ato hanya ada orang pintar...

kalo masalah pilihan itu... aku lebih memilih .... diam daripada bicara tanpa makna, huehehehehe.... ngawur gag nyambung.... :D

attayaya mengatakan...

pagi ri

wh mengatakan...

pikirang orang bodoh tau banyak tapi dikit2 kalo orang pinter tau dikit tapi banyak (spesialis)[lah malah dibolak-balik]

ukuran pinter ama bodohnya dari mana bang? Skil, akademis, manajemen, ?????

Kabasaran Soultan mengatakan...

nice posting
kalau boleh milih maunya sih jadi oarang pintar dan sekaligus pengusaha
he-he-he
Bisa pesan ngak tuh ?

sunardi mengatakan...

Pingin jadi orang pinter yang cerdik.
Berarti aku masih bodoh dong, hehehe.

Betol kate kawan aku budak Dumai, tak perlu lah kite pandai betol. Pandai-pandai lah.

Blogger Ceria mengatakan...

hehhee..
bisa aja ceritanya.. tapi inspiratif banget.. nice story.. :)

kakara mengatakan...

Jadilah orang pintar yang cerdas, jangan mau dibodohin..

::x:: mengatakan...

Tuhan sudah ngasi manusia kelebihan dan kekurangan masing². so... memberdayakan otak dan tenaga semaksimal mungin.. itu baru keren...

ReGiE mengatakan...

orng bodoh sok pintar datang

kak_ega_punya cerita mengatakan...

jadi inget kata si oom bob yang suka pke celana pendek yang tajir abis itu bilang
"saya lebih suka orang bodoh yang mo berusaha dengan resiko besar daripada otg pintar yang terlau ati2"

great posting...

JengSri mengatakan...

sepupu jengsri pernah posting kayak ginian di milis, eh pengusaha2 pada protes katanya: maksud elo gue goblok geto???? hahahaha!!!

trimatra mengatakan...

klo begitu, orang bodo ma pinter sama aja.dong.
mendingan jadi orang yg selalu bernasib mujur. ya toh

Dinoe mengatakan...

hanya yang punya semangat yang mampu menguasai dunia..

IHSAN mengatakan...

sebuah dilema jama sekarang

tapi memang kebanyakan orang pintar paling banter jadi kuli si orang bodoh.

sedangkan orang bodoh jadi raja bagi orang pintar

he he he

klo saya saat harus menjadi orang bodoh, saya jadi orang bodoh

saat harus jadi orang pintar, saya harus seperti orang pintar

mengambil cara bunglon biar selamat

bebasngobrol mengatakan...

He.. He.. He....

Yang jelas kalo saya sih gak mau jadi orang bodoh. Semua itu kembali pada diri kita sendiri, apakah kita berani menghadapi tantangan atau tidak. Dengan kata lain, berani mencoba atau tidak sama sekali. Thanks.. :-)

Salam Sukses

azzalea mengatakan...

wah pengusaha ma intelektual...bisa kerjasama tuh.

Meidy mengatakan...

klo aku sih milih jadi org pinter yg berduit, wakakaka..

jabon mengatakan...

sebaiknya saling melengkapi, saling membutuhkan, bekerjasama....

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.