15 September 2010

KODE ETIK BANKIR INDONESIA

KODE ETIK BANKIR INDONESIA
(CODE OF ETHICS OF INDONESIAN BANKERS)

Seorang bankir patuh dan taat pada ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.
(A banker should obey and comply to the respective laws and existing regulations)

Seorang bankir melakukan pencatatan yang benar mengenai segala transaksi yang bertalian dengan kegiatan banknya.
(A banker should correctly record all related transactions and activities of the bank)

Seorang bankir menghindarkan diri dari persaingan yang tidak sehat.
(A banker should avoid unhealthy competition)

Seorang bankir tidak menyalahgunakan wewenangnya untuk kepentingan pribadi
(A banker should not abuse the given authority for personal purposes)

Seorang bankir menghindarkan diri dari keterlibatan pengambilan keputusan dalam hal terdapat pertentangan kepentingan.
(A banker should avoid conflict of personal interests in decision making)

Seorang bankir menjaga kerahasiaan nasabah dan banknya.
(A banker should safe guard the confidentiality of the customers and the bank)

Seorang bankir memperhitungkan dampak yang merugikan dari setiap kebijakan yang ditetapkan banknya terhadap keadaan ekonomi, sosial, dan lingkungan.
(A banker should take into considerations the disadvantages to the economy, social, and environment when establishing the policy of the bank)

Seorang bankir tidak menerima hadiah atau imbalan yang memperkaya diri pribadi maupun keluarganya.
(A banker should not accept undeclared gift nor compensation to enrich one self or the family)

Seorang bankir tidak melakukan perbuatan tercela yang dapat merugikan citra profesinya.
(A banker should not misconduct which may effect disadvantageously to the image of the profession)

Sumber : bankir-indonesia

48 komentar:

eppie - cool, mengatakan...

yg terutama dari yang utama seorang bankir harus JUJUR, khususnya JUJUR pada diri bankir sendiri.

moratmarit mengatakan...

Oo..gitu toh kode etik seorang bangkir..
Menambah wawasan tentang perbangkiran nih.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

mantav bro,.... Kang Eri sudah memenuhi semua kode etik diatas khan?

Newsoul mengatakan...

Good posting. Selamat pagi pak bankir.

Dunia Polar mengatakan...

baguss.....tp kode eitk trkdang diciptakan hanya utuk dilanggar,huehehe.... cz msh bnykkan yg blm mnerapkan kode etik tsb

IHSAN mengatakan...

apa hanya teori?

semoga kode etik tiu benar2 ADA, NYATA dan TERLAKSANA

aamiiin

IjoPunkJUtee mengatakan...

Setiap profesi ada etika yang harus dipatuhi...

bayunature mengatakan...

ideal nya begitu ya,..tapi kembali ke mental personalnya ????

Dody Eka Putra mengatakan...

Sebagai Bankir harus patuh pada koridor koridor kode etik ini, nggak hanya itu kita harus menjunjung tinggi profesionalisme dan nilai nilai prudential...patuh dengan SOP.....dan kebijakan kebijakan....baik dari intern maupun BI

kang dwi mengatakan...

kode etik= etika = sopan santun
moga2 para bankir ga mankir jika ada kewajiban.
(nyambung gaya?...)

attayaya mengatakan...

hehehehe langsung nutupi yang inggris tadi 5-10 menit
mantap

inggris sebelum ini kebanyakan link
cukup 3 link aja

reni mengatakan...

Bang Eri kerja di Bank to ?

eri-communicator mengatakan...

Ok om attayaya habis perdana om, dan juga bingung mau posting apa untuk menutupinya reviewnya dan postingan bahasa inggriosnya juga kacau om..

buwel mengatakan...

Semoga lebih baik lagi bankir indonesia ya....

J O N K mengatakan...

wuahhhh, saya perhatikan ah, siapa tau nanti jadi bankir hehehehhehe

robi mengatakan...

assalammualaikum!
permisi lompang lewat mau lihat posting nya!

Yudie mengatakan...

bankir ada kode etiknya juga tho? oalaaahh...baru ngeh oom... hehehe

Bang Ais-9505e mengatakan...

buat pedoman klo berurusan ama bankir

Risti mengatakan...

teorynya sih oke brooo, namun apakah semua itu sudah dijalankan sesuai prosedur ?

ritz mengatakan...

maju terus bankir INDONESIA,gd lck ,.

kir31 mengatakan...

smga lbih sukses n profesional bankir indonesia...

Laksamana Embun mengatakan...

dah lam nh ga nampak bang eric? met datang lagi ya bang

Fanda mengatakan...

Seorang bankir menjaga kerahasiaan nasabah dan banknya... Yg itu kayaknya banyak dilanggar pd prakteknya

Kabasaran Soultan mengatakan...

Nice sharing Bro.

DuniaPiyen mengatakan...

apa dipegang seratus persen gak ya??

tutor-blog.com mengatakan...

ikutan komen aja deh mas eri

yanuar catur rastafara mengatakan...

selamat dech untuk para bankir
heheheheheheheheh
akhirnya kembali juga nih bung eri
hehehehehe

Alfi mengatakan...

wah bg eri da kembali ngeblog y...
heheh...

bunga raya mengatakan...

berkunjung saat mentari yang biasanya trik melanda pekanbaru kini redup mungkin karena ikut berkabung karena bencna terjadi lag

attayaya mengatakan...

modemnya bagus?
bisa onlen di ukui?

TRIMATRA mengatakan...

KODE etiknya sempurna namun pelaksanannya yang masih jauh dari sempurna.

andie mengatakan...

sob!
ada award nih buat kamu.
huehehe.
diterima yah!! :D

Bayu 'The Maniac' mengatakan...

nice info bang ...
walaupun aq bukan bankir ...
ada award buat abang ...
visit my blog ...
OK ???

sijagur mengatakan...

nice info kawan

Tengku Khairil Ahsyar mengatakan...

jalan2 sore sambil nitip komentar dan bertanya,,, sehat bang ???

Bayu 'The Maniac' mengatakan...

Di atas ada tulisan kyak gini ...
Seorang bankir tidak menerima hadiah atau imbalan yang memperkaya diri pribadi maupun keluarganya.

Brarti klau ulang tahun ndak boleh kasih hadiah dong ???
Hehehe ...

andie mengatakan...

waduh.
pengen jadi bankir.
drpada ngangur.
halah.
hehhe.

jadi blogger aj dah.
:D

bunga raya mengatakan...

selamat malam bang sudah lama tidak keliatan..
berita dari bang eri selalu menambah wawasan bagi saya

attayaya mengatakan...

gimana kabar modemnya?
lancar?

bang FIKO mengatakan...

Kunjungan malam mingguan...
Apa kabar Ujung Kampar Ujung Indragiri? hehe

JengSri mengatakan...

banker apa bankir bang?

mohanlink mengatakan...

wah, betul mas. memang harus begitu.

suwung mengatakan...

harus dibaca para calon bankir nih......
lama ngak keliatan kemana ajah?

Ronaldo Rozalino mengatakan...

Kode etik ini akan berguna bila kita menyadari pentingnya saling menghargai dari berbagai aspek

Anonim mengatakan...

pas bgt lg nyari artikel ttg perbankan nih..thx bro..

mei lani mengatakan...

ga ada yg lbi panjang biar g bisa jdkan bahan presentasi help me plz

attayaya jadi anak smp mengatakan...

mantap bro

PRofijo mengatakan...

masing-masing profesi ada kode etiknya.....

Poskan Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.