23 September 2010

TARGET NASABAH TABUNGANKU BELUM TERCAPAI

“TabunganKu” merupakan suatu produk tabungan untuk nasabah perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh Bank-bank di Indonesia (bagi yang berminat) guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Bank Indonesia sebagai bank sentral Negara Republik Indonesia, selain sebagai wujud kepedulian sosial perbankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk tabungan yang tidak dibebani biaya administrasi, produk tabungan ini juga disinyalir dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budaya menabung, Memberikan respon positif terhadap kebutuhan masyarakat kecil terhadap produk tabungan yang berbiaya murah, Membangun image bahwa menabung itu mudah dan menguntungkan.

Tapi hingga kini Produk TabunganKu, yang diperkenalkan Bank Indonesia (BI) untuk dimasyarakatkan oleh industri perbankan sejak Februari 2010 lalu belum maksimal, dimana hanya menjangkau 420 ribu nasabah dari total 1 juta yang ditargetkan BI.

Produk tabunganku kurang diminati oleh masyarakat dikarenakan fitur dan kemanfaatan yang dimiliki tidak menarik,disatu sisi masyarakat sudah memiliki produk tabungan lain dari bank yang memilki fitur dan mempunyai nilai lebih dari tabunganku,misalnya saja tingkat suku bunga yang lebih tinggi, memiliki kartu ATM, serta tabungan yang dimilki dapat ditarik dikantor/cabang dimana bank tersebut berada berbeda dengan TABUNGANKU yang hanya dapat ditarik di cabang/kantor penerbit.

Tujuan awal dari Tabunganku adalah sebagai wujud kepedulian sosial perbankan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk tabungan yang tidak dibebani biaya administrasi, produk tabungan ini juga disinyalir dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budaya menabung, Memberikan respon positif terhadap kebutuhan masyarakat kecil terhadap produk tabungan yang berbiaya murah, Membangun image bahwa menabung itu mudah dan menguntungkan.

Untuk meningkatkan jumlah nasabah TabunganKu, BI mengaku telah menyiapkan beberapa strategi termasuk mengajak kepala daerah untuk mendorong TabunganKu dengan mewajibkan pegawai di instansinya memiliki TabunganKu sebagai role model untuk masyarakat, kemudian juga dengan menambah kemudahan atau fitur, seperti misalnya memberikan fasilitas ATM untuk menarik minat masyarakat, kemudian juga akan meluncurkan produk tersebut ke tiap sekolah dasar mulai tahun 2011, yang akan menjadi pendidikan keuangan sejak dini dalam mendorong gerakan menabung.


5 komentar:

ivan kavalera mengatakan...

Terimakasih artikelnya. Informatif dan punya unsur motivasi buat menabung.

Abg seksi mengatakan...

Terimakasih ulasannya mas, blog mas keren

attayaya speedtest mengatakan...

terlalu banyak produk, akan membingungkan masyarakat
coba dibuat simpel dengan fitur lengkap

TUKANG CoLoNG mengatakan...

gambarnya aku pakai buat posting http://separonyolong.blogspot.com/2011/01/ini-bukan-tabunganku-biasa.html ya..

aa Ade aja mengatakan...

sekarang di beberapa Lembaga Keuangan sudah ada sistem Antar Jemput Tabungan, jd masyarakat tdk usah repot jauh-jauh ke BANK sampai nagntri..tinggal SMS atau Telp aja Petugas BANK nya,,nanti dia akan datang kerumah Kita..coz,aku kan kerja di Suatu Lembaga Keuangan,dan akulah petugasnya,bagian antar jemput tabungan. he he

Posting Komentar

Berikan Komentar terbaik anda, lebih dari satu komen no problem,sekarang zamannya bebas berekspresi.